blank
Wakil Bupati Kendal, H Windu Suko Basuki, bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sedang menebar ratusan bibit ikan nilem di Kali Reyeng depan Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, Jalan Pemuda Kelurahan Pegulon.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Wakil Bupati Kendal, H Windu Suko Basuki, bersama sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menebar ratusan bibit ikan nilem di Kali Reyeng depan Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, Jalan Pemuda Kelurahan Pegulon, Senin(04/07/2022).

Bibit ikan nilem sebanyak 200 ekor yang ditebar oleh Wakil Bupati Kendal ini, dilakukan sebagai simbolis telah dilaksanakan restocking tahap ke empat tahun 2022 oleh pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal.

Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki mengatakan, dengan adanya restocking diperairan umum diharapkan bibit ikan tersebut bisa tumbuh dengan baik, dan dapat meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Kendal.

“Saya berharap, apa yang menjadi program pemerintah ini, termasuk penebaran bibit ikan di perairan umum, intinya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Kendal,” kata Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki,

Wakil Bupati Kendal, mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga populasi bibit ikan yang telah ditebar dan melestarikan sungai agar nanti manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, Hudi Sambodo menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kendal pada tahun 2022 ini telah melaksanakan kegiatan restocking. Dan pada bulan Juli ini, masuk pada tahap keempat.

“Alhamdulillah tahun ini Pemerintah Kabupaten Kendal telah melaksanakan restocking, yang mana tadi secara simbolis telah dilakukan penebaran sebanyak 200 bibit ikan di Kali Reyeng,” kata Hudi Sambodo.

Hudi menjelaskan, untuk tahun ini tahap pertama telah dilaksanakan pada 7 Juni 2022 lalu, di Desa Mojo Agung dan Tirtomulyo Kecamatan Plantungan, dan tahap dua telah dilaksanakan di Desa Kalipakis dan Kebumen Kecamatan Sukorejo. Kemudian tahap tiga dilaksanakan di Desa Gedong, Kalices, dan Sidodadi Kecamatan Patean.

Sedangkan untuk tahap keempat, akan dilaksanakan di Desa Bebengan Kecamatan Boja dan Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan pada tanggal 6 Juli 2022.

“Kegiatan restocking tahun ini ada 3 jenis ikan, yaitu karper, nilem dan tawes akan dilaksanakan di 12 desa/kelurahan di Kabupaten Kendal, dan untuk tahap lima akan dilaksanakan di Desa Tunggulsari Kecamatan Brangsong, Desa Cempoko Mulyo Kecamatan Gemuh dan Kelurahan Kalibuntuwetan Kecamatan Kendal pada 17 Juli 2022 mendatang,”papar Hudi Sambodo.

Hudi Sambodo mengaku, dari tahap awal hingga yang akan dilakukan, total ada sebanyak 102.460 bibit ikan yang ditebar, terdiri dari 30.000 bibit ikan karper, 34.000 bibit ikan nilem dan 37.460 bibit ikan tawes. Sapawi