blank
Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng. Foto: Ning Suparningsih

BANJARNEGARA (SUARABARU.ID) – Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng saat ini terdapat dua unit Power Plant yang telah beroperasi.

Kedua unit tersebut adalah Dieng Unit 1 berkapasitas 60 MW sejak tahun 2014 dan Unit Small Scale Dieng sebesar 10 MW sejak tahun 2021.

PT. Geo Dipa Energi juga tengah melakukan pengembangan lapangan. Saat ini sedang berlangsung eksplorasi untuk Dieng Unit 2, pengembangan Dieng Binary serta peninjauan rencana pengembangan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Dieng Candradimuka.

PT. Geo Dipa Energi juga memiliki program community development di area WKP Dieng 1. Saat ini PT Geo Dipa Energi akan menambah kapasitas PLTP Dieng.

Boedyo Dharmawan selaku Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah menyampaikan, bahwa Jawa Tengah memiliki potensi energi terbarukan panas bumi yang sangat besar.
Menurutnya, pengembangan energi panas bumi sangat diperlukan untuk menguatkan ketahanan energi.

Kepada awak media Jelajah Energi Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (30/6/2022), Human Capital & Finance Unit Dieng I PT Geo Dipa Energi, Agus Supriyanto menjelaskan, untuk kapasitas yang terpasang dari dua unit di PLTP Dieng ini sebesar 70 MW.

Namun, potensi energi panas bumi di Dieng ini cukup besar, sekitar 450 MW ekuivalen. Untuk itu, potensi energi panas bumi perlu dimaksimalkan dengan menambah sejumlah pembangkit.

“Untuk Dieng Unit 2 dengan kapasitas 55 MW diharapkan bisa uji operasional pada 2023. PT Geo Dipa Energi sudah melakukan pengeboran di sejumlah sumur panas bumi, dan satu sumur telah diuji,” ungkapnya.

Menurut Agus, untuk hasil uji dari satu sumur sudah bagus. Pihaknya saat ini juga tengah menyiapkan jaringan pipa penyalurnya dan pembangkit listrik.

“Untuk menyuplai kebutuhan Dieng Unit 2, masih diperlukan enam sumur panas bumi,” tandas Agus.

Agus menyebut PT Geo Dipa Energi berencana akan menambah pembangkit lainnya, yakni Unit Dieng 3 hingga Unit Dieng 8.

Rencana, Unit Dieng 3 memiliki kapasitas terpasang 55 MW yang ditargetkan memasuki tahap pengeboran dan pembangunan pada 2025. Sementara untuk Unit Dieng 4 hingga 8 bakal memiliki kapasitas total sebesar 270 MW dengan target pengembangan pada tahun 2030.

Total kapasitas pembangkit yang direncanakan dari Unit Dieng 2 hingga Unit 8 sebesar 380 MW. Pihaknya juga bakal mengembangkan di dalam WKP Dieng Area Candradimuka yang rencananya akan dipasangi pembangkit berkapasitas 20 MW pada 2025.

Ning Suparningsih