blank

JEPARA (SUARABARU ID) – Sukarno BA (77) yang dikenal sebagai empu seni ukir Jepara menyambut hangat gagasan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang ingin menyusun Peta Jalan Pelestarian Seni Ukir Jepara.

blank
Sukarno BA (Foto :hadepe)

Menurut Sukarno kepada SUARABARU.ID (4/6-2022), gagasan Pj Bupati ini harus didukung semua pihak agar dapat diwujudkan. “Peta jalan ini sangat penting di tengah-tengah kondisi seni ukir yang mulai ditinggalkan para pewarisnya,” ujar Sukarna mantan Kepala SMK N 2 Jepara yang pernah menjadi lembaga pendidikan pencetak para seniman ukir Jepara.Sebelumnya Sukarno juga guru ST Dekorasi Ukir.

Sukarno juga pernah menerima penghargaan yang diserahkan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo karena konsistensinya dalam menjaga kelestarian seni ukir Jepara. Piagam diserahkan Ganjar Pranowo 12 April 2014 di alun-alun Jepara saat berlangsung lomba ukir dalam even Festival Kartini.

Menurut Sukarno, peta jalan diperlukan untuk menyatukan semua yang telibat dalam satu langkah yang terintegrasi dan sinergis. “Tidak boleh berjalan sendri-sendiri,” ujar Sukano.

Dalam upaya pelestarian seni ukir, peran dunia pendidikan sangat penting dan strategis. “Mustahil kita bisa melestarikan budaya jika kurikulum sekolah tidak memberikan ruang yang cukup,” tegasnya.

Hal penting lain adalah upah yang layak bagi para perajin. Jangan sampai upahnya berjarak telampau lebar dengan tukang kayu, tukang batu dan nelayan. “Karena itu penyusunan peta jalan juga harus menampung harapan tukang ukir,” tegasnya.

Hadepe