Para atlet bertarung dalam even Ju-Jitsu One Match Tournament se-Jateng, yang digelar di GOR Gelarsena, Klaten, Minggu (3/7/2022). Foto: spr

KLATEN (SUARABARU.ID)– Sebanyak 152 atlet dari 17 pengcab Ju-jitsu di Jawa Tengah, mengikuti One Match Tournament se-Jateng, yang digelar di GOR Gelarsena, Kabupaten Klaten, Minggu (3/7/2022). Upacara pembukaan kejuaraan itu dilakukan Kabid Sport Scince Iptek KONI Jateng, Tri Rustiadi, mewakili Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana.

Dalam sambutannya Tri menyampaikan, pihaknya menyambut baik digelarnya kejuaraan ini, dengan tujuan untuk menghasilkan atlet berprestasi tinggi. Menurut dia, kompetisi seperti itu merupakan salah satu cara untuk mengukur perkembangan prestasi atlet.

Prestasi Ju-Jitsu Jateng sendiri di ajang eksibisi PON XX/Papua 2021 lalu, mampu merebut satu medali emas, satu perak dan dua perunggu. Catatan medali itu merupakan raihan prestasi yang membanggakan bagi Provinsi Jateng. Itulah sebabnya, dalam PON XXI/Aceh-Sumut 2024 mendatang, cabor Ju-Jitsu Jateng diharapkan dapat melampaui perolehan medali pada PON sebelumnya.

BACA JUGA: Enam Drama Siap Penuhi Hiburanmu di Bulan Juli

”Kami berharap, cabor ini di PON XXI/Aceh-Sumut mendatang, bisa melebihi perolehan medali dari penyelenggaraan PON sebelumnya. Hal itu mengingat potensi dan kekuatan atlet Ju-Jitsu Jateng sangat besar dalam event Nasional,” kata Tri Rustiadi, yang juga seorang dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang itu.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Ju-Jitsu Jateng, Sabda Tamtama menyampaikan, cabor yang dipimpinnya ini baru masuk menjadi anggota KONI Jateng pada 2020. Saat ini jajaran pengurus terus melakukan terobosan pembinaan atlet, serta meningkatkan jumlah kepengurusan yang ada di Jateng.

Di antara yang telah dilakukan pihaknya, menurut Sabda, menggelar kejuaraan maupun uji coba para atlet terbaik di kabupaten/kota secara rutin, dengan maksud untuk mengetahui performa atlet dari masing masing Pengcab Ju-Jitsu di Jateng.

”Alhamdulillah, kami secara rutin menggelar kejuaraan dan sparring antaratlet dari kabupaten/kota. Untuk kepengurusan Ju-Jitsu kabupaten/kota di Jateng, kini sudah terbentuk sebanyak 23 kepengurusan,” tegas Sabda.

Sigit Pr