AKBP (Purn) Cipto Rahayu bersama istri menerima hadiah sepasang domba dari Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin dan Ketua Bhayangkari Polres Kebumen Ny Burhanuddin.(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin memiliki cara unik memberi penghargaan kepada anggota yang berdediaksi serta memasuki purna tugas di Hari Bhayangkara 1 Juli 2022.

Seorang anggota yang berdedikasi menerima hadiah Umroh. Sedangkan 7 personel yang memasuki purna tugas, menerima hadiah unik yakni sepasang kambing domba.”7 personel itu purna sejak saya menjabat di Kebumen,”jelas Kapolres.

Adalah Aipda Fahrudin yang beruntung pada 1 Juli 2022. Tidak menyangka bintara polisi itu bakal menerima penghargaan dari Kapolres AKBP Burhanuddin untuk berangkat Umroh ke Tanah Suci.

Menurutnya pengakuannya, ia bertugas biasa saja dan seperti rekan lainnya. Namun pada momen-momen upacara, Aipda Fahrudin selalu ditunjuk sebagai petugas pembaca doa.

Seperti pada pagi ini ia bertugas sebagai pembaca doa dalam Upacara Wisuda Purna Bakti kepada personel yang memasuki masa pensiun, Jumat (1/7).

“Saya tadi memang saat membaca doa agak cepat dari biasanya. Ini saya lalukan karena cuaca panas serta lamanya durasi upacara, jadi biyar lebih khusyuk. Lalu saya dipanggil ke depan,”jelas Aipda Fahrudin.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin memberi hadiah umroh kepada Aipda Fahrudin.(Foto:SB/Humas Polres)

Fahrudin sempat ditegur Kapolres karena membaca doa tidak seperti biasanya yang pelan dan penuh khidmat. Namun teguran itu ternyata hanya “Prank” atau cara Kapolres agar penyampaian hadiah lebih berkesan menarik.

“Saya langsung sujud syukur. Siapa yang tidak ingin berangkat Umroh. Alhamdulillah sekali,” katanya.

Maaf ya ibu-ibu, itu tadi sandiwara saja supaya lebih meriah. Semoga berkah,”ujar Kapolres AKBP Burhanuddin kepada para Bhayangkari yang juga datang dalam upacara Wisuda Purna Bakti.

Isi Kesibukan Setelah Pensiun

Kapolres Kebumen juga mem beri hadiah kejutan bagi personel yang telah memasuki masa purna. Para personel yang memasuki masa purna diberikan buah tangan dari Kapolres, sepasang domba untuk dibudidayakan mengisi kesibukan setelah pensiun.

“Semoga domba yang kita berikan ini bisa terus beranak dan menjadi banyak,”ujar AKBP Burhanuddin saat memimpin Upacara Purna Bakti melepas 11 personel yang memasuki masa pensiun dari Bulan Mei hingga Juni 2022 di halaman Mapolres, Jumat (1/7).

Dari 11 personel yang memasuki masa purna diantaranya adalah AKBP Purnawirawan Cipto Rahayu mantan Kabaglog Polres Kebumen serta Kompol Iskrun, mantan Kabagren Polres Kebumen.

Kapolres berharap agar personeln yang memasuki masa purna bisa sungguh-sungguh memelihara domba karena banyaknya manfaat yang didapat.

Selepas memberikan sepasang domba, para personel yang purna tugas diantar kembali ke masyarakat dengan Upacara Pedang Pora di halaman Mapolres.

Upacara tersebut menjadi tradisi penghormatan dan penghargaan kepada personel yang memasuki masa pensiun atas dedikasinya kepada institusi Polri.

Komper Wardopo