Kebumen Violin Orchestra berlatih di Hotle Candisari untuk tampil pada pagelaran di Pantai Pangandaran Jabar.(Foto:SB/DKD Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dengan mengusung tema Kidung Cinta di Ujung Senja, Kebumen Violin Orchestra bakal menggelar Konser Senja di Pangandaran.

Konser Senja tersebut akan manggung di Kampung Turis Pangandaran, Jawa Barat pada 1-3 Juli 2022. Pada tour konser kedua ini akan menampilkan 50 anak violin-violin muda berbakat yang mayoritas masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Bahkan yang termuda masih duduk di kelas 2 Sekolah Dasar hingga pelajar yang duduk di bangku SMA di Kebumen. Namun mereka memiliki semangat berlatih dan bakat seni yang tinggi.

Pelatih dan Arranger KVO, Taufik Ismail menjelaskan, Konser Senja di Pangandaran ini merupakan tour konser kedua setelah sebelumnya pada 2020 melakukan tour konser di TMII Jakarta.

Personel Kebumen Violin Orchestra rata-rata ana SD binaan Dewan Kesenian Daerah Kebumen.(Foto:SB/DKD Kebumen)

Taufik Ismail berharap dengan penyelenggaraan tour konser kali ini akan semakin memotivasi anak asuhnya untuk lebih bersemangat dalam berlatih biola dan bermain musik. Seiring waktu mereka akan berprestasi dan pada akhirnya akan menjadi potensi sumber daya manusia yang membanggakan bagi Kabupaten Kebumen.

“Ini untuk memberikan pengalaman buat anak-anak. Sehingga mereka makin bersemangat lagi untuk belajar,” kata Taufik, disel-sela acara geladi Konser Senja di Hotel Candisari Karanganyar, Rabu, 29 Juni 2022.

Taufik mengungkapkan, pada konser yang akan digelar di pinggir pantai itu akan ditampilkan sejumlah lagu. Diantaranya, The Final Countdown (Europe), Mimpi (Anggun), Nighty Uncle (Yanni), She’s Gone (Steelheart), Bunga Terakhir (Bebi Romeo), Cintaku (Crisye), Canon Rock (JerryC).

Ketua Umum DKD Kabupaten Kebumen Ki Pekik Sat Siswonirmolo mengapresiasi dan mendukung penuh tour konser Kebumen Violin Orchestra di Pangandaran.

“Ini akan semakin memicu gairah anak-anak KVO untuk terus berlatih dan ini menunjukkan eksistensi KVO di Kabupaten Kebumen di luar daerah,”ujar Ki Pekik.

Pihaknya mendorong KVO untuk terus berkarya memberikan pelatihan biola pada anak-anak di Kebumen. Bahkan bakat anak- anak dan remaja di bidang musik perlu terus diasah di era kekinians eabgai agiana dari kreativitas anak muda.

Apalagi komunitas seni sejenis KVO ini merupakan potensi seni musik yang langka dan bernilai tinggi.”Seni musik orchestra bersama seni lainnya harus terus kita kembangkan dan diberi ruang untuk tampil berkreasi,‚ÄĚtegas Ki Pekik

Diluncurkan Sejak 24 Februari 2019

Kebumen Violin Orchestra (KVO) diluncurkan oleh Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen pada Minggu, 24 Februari 2019.

Kebumen Violin Orchestra (KVO) merupakan sebuah kelompok musik dari Divisi Musik DKD Kebumen, dengan format orchestra.

Anggotanya terdiri atas anak-anak, para instrumentalis biola hasil bimbingan Taufik Ismail, guru biola yang juga guru di SD Negeri 3 Sawangan, Kecamatan Kuwarasan, Kebumen.

Taufik Ismail juga merupakan pemain biola di Sekolah Rakyat MeluBae (SRMB) Kebumen. KVO didirikan guna memberi ruang pada anak-anak yang sedang dalam proses belajar biola, agar mereka dapat menerapkan ketrampilan bermain biola melalui sajian beragam jenis musik.

Selama ini mereka memainkan musik klasik, pop, latin dan dangdut . Selainitu juga mengiringi lagu daerah dan lagu-lagu nasional. Sekretariat KVO di Perum Mega Biru 1 Jalan Cincin Kota 24 Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Kebumen.

Komper Wardopo