blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH,M.Hum menunjukkan sertifikat  dua penghargaan IKU Kemendikbudristek yang diraih Universitas Sebelas Maret Surakarta. Foto: Dok/Humas UNS

SURAKARTA(SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meraih dua penghargaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

Dua penghargaan yang berhasil diraih sekaligus yakni sebagai peraih poin tertinggi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 7 tahun 2021 dan capaian posisi tertinggi (Top 10 persen) IKU tahun 2021 pada liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Penyerahan penghargaan oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D. kepada Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H.,M.Hum disaksikan Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. dan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D.  di sela-sela acara Peluncuran Merdeka Belajar episode ke-21 di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H.,M.Hum melalui Humas Universitas Sebelas Maret menyampaikan, ukuran kampus maju dapat dilihat dari delapan IKU. Setiap lembaga atau instansi pemerintah dalam hal ini perguruan tinggi wajib merumuskan IKU dan menjadikannya sebagai prioritas utama.

Terdapat delapan IKU meliputi  (1) Lulusan mendapat pekerjaan yang layak, (2) Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, (3) Dosen berkegiatan di luar kampus, (4) Praktisi mengajar di dalam kampus (5) Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat (6) Program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia (7) Kelas yang kolaboratif dan partisipatif dan (8) Program studi berstandar internasional.

UNS meraih poin tertinggi untuk IKU 7  yaitu kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Selanjutnya bersama Universitas Indonesia (UI), UNS juga meraih capaian posisi tertinggi (Top 10persen) IKU tahun 2021.

“Syukur Alhamdulillah atas pencapaian ini. Terima kasih atas doa, dukungan dan kerja keras dari semua elemen di kampus. Atas nama pimpinan UNS mengucapkan terima kasih kepada MWA UNS, Dewan Profesor UNS, Senat Akademik UNS, pimpinan universitas, dekan, kaprodi, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan masyarakat. Semoga di tahun mendatang UNS bisa meningkatkan poin pencapaian, poin pertumbuhan dan persentasinya pada semua IKU,” kata  Rektor Prof. Jamal Wiwoho.

Ditambahkan dalam kesempatan sama  juga  juga diumumkan penghargaan poin tertinggi capaian IKU dan posisi tertinggi IKU untuk PTN Badan Layanan Umum (BLU) dan PTN Satuan Kerja.

Bagus Adji