Borobudur Student Festival
Pada pembukaan Borobudur Student Festival 2022, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan bernyanyi dan menari bersama anak anak dari Maumere, Nusa Tenggara Timur dan dari daerah lainnya, menyanyikan lagu asal Maumere yakni “Gemu Fa Mi Re “. Foto: W. Cahyono

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-Ratusan  siswa yang berasal  dari sembilan provinsi di Indonesia mengikuti Borobudur Student Festival (BSF)  2022. kegiatan  tersebut digelar di kompleks SD Kanisius Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Acara yang berlangsung selama lima hari ( 27 Juni hingga 2 Juli mendatang ), dibuka Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sangat bangga dengan hadirnya pelajar dari berbagai daerah di Indonesia seperti dari Ambon, Ternate, Bali, NTT, Papua dan lainnya.

“Dengan hadirnya anak-anak dari NTT, Papua, Ambon, dan sebagainya ini sangat surprise sekali. Mereka membawa budaya dan seni daerah masing-masing, termasuk karya-karya inovatif sesuai dengan kapasitas sebagai pelajar,” kata Ganjar usai pembukaan “ Borobudur Student Festival 2022”, Senin ( 27/6/2022).

Ia berharap , Borobudur Student Festival  2022 ini bisa diselenggarakan secara bergantian di berbagai daerah. Sehingga, seluruh  siswa di Indonesia, bisa mengenal berbagai suku, seni budaya, hingga khazanah kuliner di berbagai daerah.

“Saya membayangkan kalau kemudian student festival ini bergulir ke banyak tempat di Indonesia, maka mereka akan piknik jauh, karena pikniknya jauh maka literasinya akan semakin banyak,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah juga berkesempatan bernyanyi dan menari bersama anak anak dari Maumere, Nusa Tenggara Timur dan dari daerah lainnya, menyanyikan lagu asal  Maumere yakni  “Gemu Fa Mi Re “.

Sebelum pembukaan tersebut, para pelajar dari berbagai daerah di Indonesia  melakukan kirab dari  Taman Lumbini, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur menuju ke SD Kanisius Borobudur  dan menempuh jarak sekitar satu kilometer.

 

337 Siswa

 

Konseptor Borobudur Student Festival 2022, Soesilo Adinegoro mengatakan,  kegiatan tersebut diikuti 337 siswa yang meliputi perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah, Aceh, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Papua, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Bali.

Menurutnya,  kegiatan Borobudur Student Festival tahun ini merupakan kegiatan kedua kalinya. Sebelumnya, pada tahun 2021 lalu juga digelar acara yang sama , namun karena masih dalam pandemi covid-19, maka kegiatan Borobudur Student Festival 2021 yang berlangsung Desember 2021  lalu dilaksanakan secara daring.

Ia menambahkan,  Borobudur Student Festival 2022 tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kepada siswa dan guru untuk menyampaikan proses praktik pembelajaran kontekstial melalui karyanya.

“Selain itu, juga untk menyebarkan gagasan praktik baik pendidikan kontekstual berbasis proyek dalam mengembangkan karakter siswa mandiri dengan pendekatan seni,” katanya.

Soesilo menambahkan, selama Borobudur Student Festival 2022 tersebut juga diselenggarakan berbagai macam kegiatan seperti symposium, pameran, semiloka dan talkshow. W. Cahyono