blank
Para personel prajurit TNI-AD dari Koramil-03 Ngadirojo Kodim 0728 Wonogiri, tampil menjadi instruktur LDK bagi para siswas SMK Daya Wangsa Ngadirojo, Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para siswa SMK Daya Wangsa Ngadirojo, Wonogiri, pimpinan Kepala Sekolah (Kasek) Dikin MPd, menjalani Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Ini menjadi cara untuk pembentukan karakter siswa. Pelatihannya berlangsung dengan melibatkan personel tentara.

Danramil 03/Ngadirojo Kapten (Inf) Sunardi melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, mengatakan, kepada para siswa yang mengikuti LDK diberikan materi pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB) dan pemahaman tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Tim Koramil-03/Ngadirojo yang menjadi instruktur pelatihan, terdiri atas enam personel prajurit dipimpin Pelda Suparman.

Sebelum melaksanakan praktik baris-berbaris, kepada para siswa diberikan pembekalan teori tentang dasar-dasar PBB. Baru kemudian dilanjutkan dengan pembimbingan praktik, termasuk teknik tata cara penghormatan secara benar.

Melalui LDK, diharapkan dapat menjadi sarana membentuk karakter para siswa agar senantiasa bersikap disiplin, memiliki rasa percaya diri, dan mampu mengendalikan diri di saat atau waktu dan situasi sesulit apapun.

Materi Wasbang yang diberikan kepada para siswa, tujuannya untuk mengajak peserta didik dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Harapannya, para siswa dapat memiliki jati diri dan senantiasa berperilaku sebagai bangsa Indonesia sejati. Yakni menjadi insan yang toleran, saling menghormati, cinta Tanah Air bersemangat patriot dan berjiwa nasionalisme.

Menurut Pelda Suparman, para siswa adalah generasi penerus bangsa, yang harus memiliki sikap bertanggungjawab terhadap tugas dan kewajibannya masing-masing. Untuk senantiasa berperilaku baik, dan mempunyai budi pekerti yang luhur.

Bambang Pur