blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (USM) melakukan sosialisasi dan pelatihan dengan tema ''Teknologi Pascapanen Jagung dan Pemanfaatan Limbah Rambut Jagung'' bagi 70 siswa kelas 10 dan 11 SMK Negeri H Moenadi Ungaran di SMK Negeri H Moenadi Ungaran, Kabupaten Ungaran, baru-baru ini. (foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (USM) melakukan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Pascapanen Rambut Jagung  dengan tema ”Teknologi Pascapanen Jagung dan Pemanfaatan Limbah Rambut Jagung” bagi 70 siswa kelas 10 dan 11 SMK Negeri H Moenadi Ungaran di SMK Negeri H Moenadi Ungaran, Kabupaten Ungaran, baru-baru ini.

Kegiatan PkM ini diawali dengan pemaparan mengenai teori pascapanen jagung oleh Zulhaq Dahri Siqhny ST MT, kemudian paparan mengenai potensi rambut jagung untuk kesehatan Oleh Ir Ery Pratiwi MP.

blank
Para narasumber menyampaikan mataeri dalam Pelatihan pemanfaatkan limbah pascapanen rambut jagung di SMK Negeri H Moenadi Ungaran di SMK Negeri H Moenadi Ungaran, Kabupaten Ungaran, baru-baru ini. (Foto:humas USM)

Pelatihan dipandu Dr Ir Haslina MSi, dan dibantu dua mahasiswi USM yakni Putri Angelica dan Anisa Julia.

Haslina mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai peningkatan kemampuan siswa dalam memanfaatkan limbah pascapanen.

”Tujuan PkM ini yang diusung oleh Tim adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa siswi SMK Moenadi dalam memanfaatkan limbah pascapanen rambut jagung. Selama ini rambut jagung dinilai tidak memiliki nilai ekonomi. Padahal rambut jagung mengandung senyawa flavonoid yang berguna untuk kesehatan,” kata Haslina.

“Selain itu, kegiatan ini juga memberikan gambaran yang real mengenai bidang keilmuan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) yang aplikatif untuk masyarakat,” tambahnya.

Dia berharap, ke depan kegiatan PkM ini dapat meningkatkan minat peserta untuk menjadikan rambut jagung memiliki nilai jual melalui peluang usaha pembuatan agar-agar sehat dari rambut jagung.

Muhaimin