blank
Seorang anak tengah dikhitan dalam kegiatan khitan massal yang diselenggarakan Amil Zakat Nurul Hayat Semarang. Foto: Dok/Amil Nurul Hayat

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Amil Zakat Nurul Hayat Semarang menggelar khitan massal gratis yang berlangsung di Khitan Centre, Jalan Imam Bonjol Semarang, Rabu (22/6/2022). Pihaknya menarget ada 150 anak yang mengikuti khitan hari ini.

Branch Manager Nurul Hayat Semarang, Arfanu Romlan mengatakan, program khitan massal ini diadakan setiap tahun sekali, dengan harapan bisa membantu anak-anak dari keluarga dhuafa.

Program khitan ceria kali ini, lanjut Arfanu, pihak panitia selain memberikan biaya gratis juga memberikan souvenir kepada anak-anak. ”Kalau dikalkulasi biaya khitan per anak sebesar Rp 1.650.000 kita gratiskan, masih ditambah gif menarik agar anak-anak ceria dalam mengikuti khitan massal ini,” ujarnya.

Arfanu mengaku, program khitan massal sudah berjalan sejak tahun 2014. “Alhamdulillah setiap tahun bisa melaksanakan khitan gratis. Seluruh pendanaan diambil dari zakat Amil yang dikumpulkan dari masyarakat dan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk kegiatan sosial, diantaranya khitan massal gratis,” jelasnya.

Amil Zakat Nurul Hayat Semarang yang berkantor di Kedungmundu Semarang ini, selain mengumpulkan zakat dari masyarakat juga memiliki usaha mandiri untuk menopang pembiayaan karyawan. ”Operasional karyawan bisa diambilkan dari hasil usaha,” ujar Arfanu.

Selaku panitia, Muhammad Sholeh mengatakan, untuk peserta khitan ini berasal dari Semarang dan sekitarnya.
“Panitia memberikan tahapan waktu agar pelaksanaan khitan tidak berjubel dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Peserta yang antre diberi ID Card sesuai nomor urutan pendaftaran,” imbuhnya.

Ning Suparningsih