blank
Anggota Satgas Yonif 405/SK saat jemput bola mendatangi rumah-rumah warga untuk vaksinasi (penyakit rubella). Foto: Dok/Humas Pendam 4

MIMIKA (SUARABARU.ID) – Anggota Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW melakukan pendampingan petugas Puskesmas Jita dalam program vaksinasi kepada anak-anak di Kampung Wenin dan Kampung Noema, Distrik Jita, Kabupaten Mimika.

Menurut Bakes Pos Jita Satgas Yonif 405/SK, Sertu Nurdin F, sebagian orang tua di Kampung Wenin maupun di Kampung Noema awalnya ada yang menolak anaknya di vaksin, karena mereka mengira bahwa vaksinasi yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan adalah progam vaksinasi Covid-19.

Kemudian anggota Pos Jita Satgas Yonif 405/SK melakukan pendekatan kepada warga dan petugas Puskesmas memberikan penjelasan tentang bahaya penyakit Rubella.

Petugas Puskesmas Jita Trisna Tambing S.Tr.Keb menjelaskan bahwa vaksin Rubella merupakan vaksin untuk membentuk imunitas tubuh secara aktif dalam mencegah terjadinya infeksi Rubella.

Rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus, biasanya menginfeksi anak-anak dan remaja. Rubella sendiri merupakan penyakit yang berbeda dari campak, tetapi memiliki kesamaan karena sama-sama menyebabkan ruam kemerahan pada kulit.

Sertu Nurdin F mengatakan, setelah menerima penjelasan, akhirnya dengan senang hati para orang tua Kampung. Wenin dan Kampung Noema mempersilahkan anaknya diimunisasi. Selama pelaksanaan vaksinasi, tim kesehatan Pos Jita Satgas Yonif 405/SK mendampingi dan menggendong sambil menenangkan anak-anak yang takut dengan jarum suntik.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari petugas Puskesmas Jita, Citra Ayu Dewi Lestari S.Tr.Gz. Citra berterimakasih kepada Satgas Yonif 405/SK yang telah bersinergi membantu kelancaran berlangsungnya program tersebut.

“Program vaksinasi yang dilaksanakan pada masa liburan sekolah kurang berjalan optimal, namun dengan dibantu anggota Satgas Yonif 405/SK, kami menjemput bola dengan cara mendatangi rumah-rumah warga, sehingga program dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Citra, Minggu (19/6/2022).

Ning Suparningsih