blank
Salah satu regu peserta saat tampil dalam LKBB se Jawa Tahun 2022, yang digelar di SMK Negeri 1 Jatiroto Kabupaten Wonogiri.(SB/Bambang Pur)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – SMK Negeri 1 Jatiroto Kabupaten Wonogiri pimpinan Kepala Sekolah (Kasek) Suhari, tampil memprakarsai Lomba Ketrampilan Baris-Berbaris (LKBB) se Pulau Jawa ”Jati Diri Ke-2” Tahun 20222.

Lomba ini diikuti 30 regu pelajar SMA dan SMK dari berbagai kota di Pulau Jawa ini, Minggu (19/6), dibuka oleh Ketua DPRD Wonogiri yang diwakili Rusdiana dari Komisi I. Memperebutkan piala bergilir, piala tetap dan uang pembinaan. Teknis pelaksanaannya ditangani oleh Osis bersama Paniitia Passkanja.

Upacara pembukaan ditandai dengan atraksi gerak tari Tancep Kayon (Gunungan Wayang), dimeriahkan dengan penampilan drum band pelajar SMK Negeri 1 Wonogiri ”Gita Satria Wiguna,” dan sajian gending-gending Jawa.

Ikut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri yang diwakili Sekretaris Dikbud, Heri, Kapolres Wonogiri yang diwakili Kasat Binmas AKP Setiyono bersama unsur Forkompinda.

Juga hadir Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Wonogiri, Gunarsi, dan Pengawas Pendidikan SMK, Indah Darmawati, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri yang diwakili Sarko.

Rusdiana yang tampil menjadi Inspektur Upacara Pembukaan LKBB se Jawa, berkenan menancapkan Gunungan Wayang (Kayon) sebagai pertanda dimulainya lomba.

Dalam sambutannya, Rusdiana, memberikan apresiasi atas digelarnya LKBB yang diprakarsai oleh SMK Negeri 1 Jatiroto. ”Ini menjadi event yang luar biasa,” katanya.

Disiplin Berkarakter


Pada bagian lain sambutannya, Rusdiana, menyatakan, LKBB menjadi sarana mendidik pelajar dalam berdisiplin. ”Pelajar sebagai generasi muda bangsa, harus disiapkan sejak dini sebagai generasi yang memiliki sikap disiplin dan berkarakter,” tegas Rusdiana.
blank
Mewakili Ketua DPRD Wonogiri, Rusdiana (berdiri di podium) tampil menjadi Inspektur Upacara dalam pembukaan LKBB se Jawa di SMK Negeri 1 Jatiroto Wonogiri.(SB/Bambang Pur)

Dari sikap disiplin, tambah Rusdiana, akan menjadi bekal untuk membangun generasi muda bangsa yang tangguh dan baik. Upaya mendalami baris-berbaris, dapat menjadi bagian dalam menumbuhkan disiplin.

Ada 30 regu yang mendaftar dalam LKBB se Jawa tersebut. Mereka datang dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Jateng, Jabar, DI Yogyakarta dan Jatim.

Terdiri atas SMK Muihammadiyah 1 Sukoharjo, Brigpas Bekasi, SMA Negeri 1 Muntilan Magelang, SMK Negeri 2 Klaten, SMA Negeri 1 Andong Boyolali, SMA Negeri 1 Pagerbarang Tegal, SMK Negeri 3 Tangerang Selatan Banten, SMK Negeri Karangpucung Cilacap, SMA Negeri 1 Tarik, Sidoharjo, Jatim, KingSman Semarang.

SMA Negeri 1 Semarang, SMA Negeri 1 Klaten, SMK Negeri 3 Sukoharjo, SMK Negeri 1 Salatiga, SMK Negeri 1 Sukoharjo, Legends Kobara Sidoharjo, Jatim, SMK Negeri 1 Adiwerna Tegal, SMA Negeri 1 Karenganom Klaten, SMA Negeri 1 Pagerbarang Tegal.

Selanjutnya Regu BM Manajemen Banten, SMK Negeri 1 Bojongsari Purbalingga, SMK Negeri 2 Sukoharjo, SMK Negeri Karangpucung Cilacap, SMA Negeri 1 Tuban, SMK Negeri 2 Salatiga, SMK PNB Shirgantara Jateng, dan SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto Jatim.

Bambang Pur