blank
Ketua PMI Kudus Rina Tamzil saat menyapa pendonor darah di kantor PMI Kudus. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia Cabang Kudus memastikan stok darah untuk berbagai golongan darah tersedia cukup, menyusul banyaknya relawan yang siap menyumbangkan darahnya, setelah pandemi Covid-19 mulai mereda.

“Total stok darah saat ini berjumlah 431 kantong untuk berbagai golongan darah,” kata Ketua PMI Kabupaten Kudus Rina Tamzil didampingi Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Cabang Kudus Arief Adi Saputro yang ditemui di sela-sela peringatan Hari Donor Darah Sedunia di kantor PMI Kudus, Selasa (14/6).

Dia menjelaskan untuk golongan darah A tersedia 123 kantong, B 143 kantong, AB 43 kantong dan O sebanyak 122 kantong.

Jumlah darah sebanyak itu, lanjut dia, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama sepekan, karena permintaan rata-rata per hari berkisar 60-70 kantong.

Stok darah yang ada, katanya, belum termasuk relawan yang ikut memeriahkan peringatan Hari Donor Darah Sedunia pada Selasa (14/6) ini yang ditargetkan terkumpul 200 kantong darah.

Mulai meredanya kasus COVID-19 di Kudus, kata dia, sangat mendukung PMI Kudus dalam meningkatkan stok darah karena karyawan dari sejumlah perusahaan besar mulai mengizinkan kegiatan donor pada karyawannya.

Sejak 6 Juni 2022, ujar dia, banyak perusahaan yang menjadwalkan kegiatan donor, belum termasuk ketika perusahaan mengadakan acara ulang tahun juga dimeriahkan dengan acara donor, sehingga semakin memperkuat stok darah yang dimiliki PMI Kudus.

Melalui peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Rina mengajak masyarakat untuk menyumbangkan darahnya sebagai bentuk solidaritas untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

“Hari donor darah ini juga bentuk terima kasih kepada para pendonor yang sukarela menyumbangkan darahnya untuk keselamatan banyak nyawa,” ujarnya.

Sri Syafaati, salah satu pendonor, mengakui baru pertama kali donor yang kebetulan bertepatan dengan hari ulang tahunnya, sehingga dirinya juga ingin berkontribusi terhadap masyarakat yang memang membutuhkan tambahan darah.

Ali Bustomi