blank
Lanskap Waduk Greneng, Tunjungan Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Upaya membangkitkan kembali geliat ekonomi pariwisata di Kabupaten Blora pasca pandemi, melalui Forum Pemimpin Redaksi (Forum Pemred) Media yang ada di Blora dan Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar)

Kabupaten Blora menyelenggarakan Lomba Mancing Piala Bupati Blora dan hadiah uang, akan digelar Minggu (26/6/2022), di saluran irigasi Waduk Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, dengan tema “Bangkit Sesarengan Mbangun Pariwisata Blora”.

Lomba mancing yang dihelat Forum Pemred Media Blora, yang bekerja sama dengan Dinporabudpar Kabupaten Blora untuk kali pertama itu, mendapat respon pemerintah dan publik menggembirakan, seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab), DPRD Blora, pelaku atau pengelola pariwisata masyarakat umum, khususnya para pemancing mania, menyambut antusias kegiatan salah satu olahraga rekreasi itu.

Pemkab Blora melalui Dinporabudpar, sebagaimana yang dikemukakan Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora Drs.Kunto Aji, sebagai dinas yang memiliki tupoksi menangani sektor pariwisata, dengan apa yang dilakukan  oleh komunitas Forum Pemred yang menghelat Lomba Mancing di Waduk Greneng, Kecamatan Tunjungan.

“Kegiatan lomba mancing, ibarat sekali dayung dua tiga pula terlampau. Melalui mancing, selain bisa menyalurkan hobi, sekaligus juga bisa ikut ‘promosi destinasi wisata yang menjadi lokasi memancing,” ungkap Kepala Dinporabudpar Blora, Kunto Aji

Sejahterakan Warga Sekitar

Geliat ekonomi bidang pariwisata air di Waduk Greneng, Desa Tunjungan, Blora, kembali diupayakan untuk bangkit, untuk meningkatkan kesejahteraan warga di seputar waduk tersebut, pada khususnya, imbuh Kepala Dinporabudpar Blora.

Sementara itu, Sekretaris  Komisi A DRRD Blora, Ali Uddin, politisi PKB, dan Aditya Candra Yogaswara (Partai NasDem) dari Dapil Blora V (Tunjungan, Ngawen, Banjarejo), dan Mochamad Muchklisin (Ketua Fraksi PKB DPRD Blora).

Mereka mengatakan, bahwa kegiatan lomba mancing di Waduk Greneng, Tunjungan yang diprakarsai jurnalis pimpinan Media di Blora, merupakan terobosan promosi wisata yang bisa dijadikan salah satu role mode.

Ali Udin, legislator yang pernah menghabiskan waktu senggangnya untuk mancing di Waduk Greneng mengatakan, event lomba mancing di lokasi wisata diharapkan kedepannya bisa membawa multiplier effect kesejahteraan untuk warga sekitarnya.

Waduk Greneng menurut Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Blora, memiliki potensi besar yang belum tergali.

“Tentu ini menjadi PR (Pekerjaan Besar) pengelola lokasi wisata air di Tunjungan itu. “SDM (Sumber Daya Manusia), persoalan terbesar yang perlu mandapat penanganan pertama,” jelas Legislator Ali Udin yang juga mantan Pimpinan Media di Blora.

Bangkitkan Wisata Air

“Hendaknya apa yang dilakukan teman-teman Forum Pemred Media Blora ini, bisa memberi dampak peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar area lokasi wisata,” imbuh Sekretaris Komisi A.