blank
Wali Kota Muchamad Nur Azis meninjau rumah warga yang terbakar, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz berkunjung ke rumah Supriyadi
di Kampung Karangwuni, RT 05 RW 07, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, yang habis dilalap si jago merah.

Kedatangannya untuk menyampaikan rasa simpati kepada pemilik rumah, serta memberikan motivasi.
Dia juga mengapresiasi masyarakat di sekitarnya yang sudah bahu-membahu ikut membersihkan rumah Supriyadi pascakebakaran.

‘’Kita selalu mendorong agar warga bergotong-royong, segera membangun rumah ini agar bisa ditempati lagi. Untuk dana dibantu Baznas dan PMI. Dinas Sosial (Dinsos) membantu logistik,’’ kata dokter spesialis penyakit dalam itu, kemarin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Magelang Machbub Yani Arfian menuturkan, bantuan logistik sudah dari BPBD Kota Magelang, selanjutnya Baznas dan PMI Kota Magelang, serta Dinsos.

“Untuk rehab dari Baznas dan PMI, dan pengelolaannya melibatkan masyarakat. Pemkot memberikan stimulan, selanjutnya pemberdayaan masyarakat,’’ ujarnya.

Sebagai informasi, kebakaran rumah milik Supriyadi terjadi pada Rabu, (8/6/2022), sekitar pukul 13.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pemilik rumah saat itu sedang pergi berobat ke rumah sakit. Dugaan sementara musibah kebakaran itu diakibatkan karena konsleting.

BPBD Kota Magelang telah melaksanakan assesment dan dokumentasi. Kemudian, berkoordinasi dengan RSJ Prof Dr. Soerojo Magelang untuk trauma healing korban/pemilik rumah karena masih syok dengan musibah yang menimpanya.

“Kejadiannya jam 13.30 WIB, tidak ada korban jiwa karena ditinggal ke rumah sakit. Seluruh isi rumah habis (terbakar), perkiraan kerugiannya Rp 150 juta,” kata Ketua RW 7, RT 5, Kampung Karangwuni, Sucipto. (pemkotmgl)