blank
WaliKota Muchamad Nur Azis memberi pengarahan kepada CPNS Formasi 2021 yang sedang mengikuti Pra Latsar CPNS di Depo Pendidikan Rindam IV/Diponegoro, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Muchamad Nur Aziz menegaskan, CPNS Kota Magelang harus mengenal dan paham tentang program unggulan Pemerintah Kota Magelang.

Dia mengatakan itu saat memberikan motivasi dan pengarahan kepada 166 CPNS Kota Magelang Formasi 2021 di Depo Pendidikan Rindam IV/Diponegoro, Jumat (10/6).

‘’CPNS juga harus paham tentang seluk beluk Pemerintah Kota Magelang. Visi kita Maju Sehat dan Bahagia, sedangkan misinya dijabarkan dalam 9 program unggulan. Ini penting, karena menjadi pegangan kita sampai 2024,’’ tuturnya.

Kesembilan program itu yaitu Program Magelang Agamis (Programis), Jemput Sakit Antar Sehat (JSAS), Ngobrol Pintar dengan Walikota (Ngopi bareng Pak Wali), Magelang Smart City (Magesty), Magelang Cinta Organik (Magelang Cantik).

Selanjutnya Program Pemberdayaan Masyarakat Maju, Sehat dan Bahagia (Rodanya Mas Bagia), Kelurahan Enterpreneurship Center (Magelang Keren), Jaga Warga dari Pandemi (Jawani), dan bantuan fasilitas pendidikan dan pemasangan wifi di lingkungan RT/RW (Balai Belajar).

“Hampir 90 persen dari program pemerintah tersebut adalah program pemberdayaan manusia dan peningkatan kualitas SDM. Kalau saya bisa meningkatkan kualitas SDM dan partisipasi masyarakat, maka masyarakat akan semakin maju. Warga yang maju adalah warga yang mandiri, pemerintah hanya sebagai partner,’’ terangnya.

Selain itu, Azis yang berprofesi dokter spesialis penyakit dalam juga membagikan resep sukses kepada CPNS Kota Magelang. Yaitu harus rajin, jujur, gemi (hemat), hati-hati, setiti (teliti), guyub, rukun, loman (dermawan) dan welas sepodo-podo (mengasihi sesama).

Dia juga berpesan agar pegawai punya tujuan mengabdi pada nusa dan bangsa, fokus menjadi PNS. Namun sebagai pegawai juga harus bisa mengembangkan diri misalnya dengan menjadi wirausahawan. Memang bukan hal yang mudah, namun dengan kesungguhan, tentunya akan bisa terwujud.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Magelang Isa Ashari mengungkapkan, Pra Latsar CPNS Formasi 2021 ini merupakan yang pertama kali diadakan.

Dalam Pra Latsar ini lebih ditekankan pada nuansa kebangsaan, rasa cinta kepada NKRI, kedisiplinan dan pengenalan substansi teknis tugas CPNS.

“Harapannya CPNS punya karakter, karena dalam bekerja tidak hanya dituntut pintar dalam ilmu pengetahuan tapi juga mempunyai naluri kerja,” ujar Isa.

Kepala Bidang Pengembangan Pembinanan, Pendidikan dan Pelatihan BKPSDM Any Supriyanti menjelaskan, pra latsar ini merupakan pembekalan dan salah satu bentuk pelatihan bagi pegawai, di luar yang wajib dilaksanakan seperti pelatihan dasar bagi CPNS.

Pra Latsar CPNS ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan aspek dan sub aspek sistem merit yang berhubungan dengan pengadaan CPNS.

“Kita dituntut memenuhi ketentuan pada aspek dan sub aspek dalam sistem merit, di antaranya pengembangan kompetensi yang terintegrasi di luar pelatihan wajib bagi CPNS,” jelasnya. (Pemkotmgl).