blank
Pemantik dan para peserta foto bersama seusai acara diskusi di Taman Gazebo USM. (Foto:Humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Semarang (BEM FH USM) menyelenggarakan diskusi dengan tema ”Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari”, baru-baru ini.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Taman Gazebo USM. Kegiatan diikuti 20 peserta.

”Tujuan kegiatan untuk menumbuhkan semangat para mahasiswa dalam menjiwai nilai-nilai Pancasila untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Gubernur BEM FH USM, Mutiara Apirliani.

Pemantik pada diskusi ini Ketua Departemen Hukum, Sosial, dan Politik yaitu Prasetya Bhara Kusuma. Kegiatan ini dimoderatori staff Departemen Hukum, Sosial, dan Politik BEM FH USM, Raymond Putra Arishta.

”Sejatinya Pancasila berisikan 5 dasar penting yang menjadi falsafah kehidupan berbangsa dan bernegara, yang mana dimulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan,” kata Prasetya.

Menurutnya, implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat kompleks dan kuat. Dinamika perkembangan implementasi telah terjadi hampir 77 tahun pascanegara Indonesia merdeka.

Pancasila, katanya, selalu beradaptasi untuk diimplementasikan di setiap zaman, yakni dalam implementasinya menyesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini.

”Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang nilai-nilai Pancasila, sehingga dapat diterapkan dalam berkehidupan di masyarakat,”ungkap Mutiara.

Muhaimin