blank
Koordinator PKY Jateng, Muhammad Farhan menyerahkan kenang-kenangan kepada Iqbal Alma selaku Koordinator bidang advokasi Walhi Jateng. Foto: Dok/PKY

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jawa Tengah mendatangi kantor Kesekretariatan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jateng, di Jalan Jomblang No. 50 Semarang, Jumat (3/6/2022).

Kedatangannya ini untuk melakukan audiensi dan silaturahmi terkait isu lingkungan hidup yang berkembang saat ini.

Kedatangan PKY Jateng diterima oleh Iqbal Alma selaku Koordinator bidang Advokasi dan Patricia, bidang Manager Program.

Koordinator PKY Jateng, Muhammad Farhan berharap bisa berkerja sama dengan Walhi Jateng terkait isu yang berkembang di pengadilan, terutama masalah lingkungan hidup.

“Kedatangan kami ke sini untuk bersilaturahmi. Kami berharap ke depan ada kerja sama terhadap isu menarik yang ditangani oleh teman-teman Walhi di pengadilan,” jelasnya.

PIC Pemantauan dan Pengawasan PKY Jateng, Helmi Yan Harmianto yang ikut hadir meminta Walhi untuk membuat laporan atau permohonan pemantauan apabila ada indikasi intervensi dari pihak luar.

“Tugas kami di PKY selain menerima laporan masyarakat juga melakukan pemantauan persidangan. Apabila ada perkara menarik yang masih ditangani di persidangan, boleh buat permohonan pemantauan. Tujuannya untuk menghindari adanya indikasi intervensi. Selain itu pemantuan persidangan juga untuk menjaga marwah hakim sebagai wakil Tuhan,” tambahnya.

Sementara itu menurut Iqbal Alma, bahwa masalah lingkungan hidup yang ada di Jawa Tengah sangat beragam, rintangannya pun demikian berbeda.

“Kasus lingkungan hidup di Jateng itu luar biasa. Teman-teman di lapangan manghadapi masalah yang komplit dari beberapa pihak,” ujar Iqbal.

“Semoga ini bisa membantu Walhi. Kami juga siap untuk bekerja sama dengan PKY Jateng, untuk terwujudnya peradilan yang bersih,” ungkap dia.

Ning Suparningsih