blank
Ilustrasi mahasiswi. Foto: Anastasiya Gepp/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jangan sia-siakan masa mudamu. Kata-kata tersebut merupakan nasehat untuk kaum muda agar memanfaatkan masa mudanya dengan baik.

Karena salah satu hal yang sering jadi penyesalan di usia tua adalah tidak menggunakan usia muda dengan bijaksana. Masa muda yang penuh dengan potensi malah disia-siakan begitu saja.

Dikutip dari Suara.com, ada beberapa tips agar masa mudamu dapat dimanfaatkan dengan maksimal, dan supaya masa tuamu terhindar dari penyesalan. Simak yuk..

1. Berani mencoba berbagai pengalaman baru

Diantara penghalang potensi manusia adalah rasa takut berlebihan. Rasa takut ini bisa membuatmu terus-menerus berada di zona nyaman tanpa ada keinginan untuk mengeksplorasi lebih jauh. Akibatnya, hidup jadi gak ada peningkatan.

Mumpung masih muda, beranilah mencoba berbagai pengalaman baru. Misalnya, kalau kamu masih jadi pelajar atau mahasiswa, bisa mencoba untuk mendaftar program pertukaran pelajar. Semakin banyak pengalaman hidup yang kamu peroleh, maka hidup jadi semakin berwarna. Semua itu akan menjadi memori indah ketika menua.

2. Mengembangkan skill

Masih banyak orang yang menganggap kalau belajar itu sudah cukup di bangku sekolah atau kuliah saja. Nyatanya, supaya pribadi terus berkembang dibutuhkan upaya belajar tak kenal henti.

Agar potensimu benar-benar maksimal, cobalah gunakan waktu mudamu mengembangkan skill. Bukan hanya skill yang barguna di dunia kerja, akan tetapi kemampuan lain yang dapat membuatmu jadi pribadi lebih baik.

3. Membangun kebiasaan baik

Supaya masa mudamu tak sia-sia, gunakan untuk membangun kebiasaan baik. Ingat, apa yang kamu tabur itulah yang akan kamu tuai.

Sebagai contoh, saat masih muda dan kondisi tubuh sangat prima bukannya benar-benar dijaga dengan membangun kebiasaan pola hidup sehat, malah memilih gaya hidup sembarangan. Saat ini mungkin belum terasa, baru terasa dampaknya nanti ketika usia sudah tak lagi muda.

Oleh sebab itu, yuk dari sekarang latih diri untuk membangun kebiasaan baik agar apa yang kamu tuai nanti juga baik.

4. Menyiapkan pensiun dini

Banyak yang salah kaprah untuk pensiun nanti saja disiapkan. Justru jika disiapkan sedini mungkin bisa membantumu lebih cepat meraih kebebasan finansial. Bukan hanya masa tuamu bisa independen secara finansial, tapi juga bisa memiliki gaya hidup dengan kelimpahan.

Oleh sebab itu, selagi muda rajin-rajinlah menabung dan investasi. Ciptakan berbagai sumber penghasilan sehingga di masa tua nanti kamu tidak bergantung pada anak cucu.

Itu dia beberapa tips menggunakan masa muda dengan bijak agar tak sia-sia. Selamat mencoba..

Ning Suparningsih