blank
Ilustrasi susu. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat demam, terkadang hidung menjadi berair dan mata terasa gatal. Hal ini pastinya sangat tidak nyaman untuk melakukan aktivitas, termasuk makan.

Dilansir dari Suara.com, mengubah pola makan rupanya bisa membantu meringankan gejala demam. Lola Biggs, ahli gizi di merek suplemen kesehatan alami Together Health mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang bisa memperburuk gejala demam.

Berikut ini dilansir dari The Sun, beberapa makanan yang harus dihindari:

Baca Juga: 3 Manfaat Memberi Maaf bagi Kesehatan Tubuh

1. Keju tua

Keju tua mengandung histamin yang tinggi. Histamin adalah bahan kimia yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respons terhadap alergi.

Histamin ini bisa menyebabkan peradangan dan gejala mirip pilek sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh.

Karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung histamin seperti keju tua bisa memperburuk gejala demam.

Baca Juga: Lima Manfaat Bambu Kuning Bagi Kesehatan

2. Susu

Susu bisa menyebabkan reaksi alergi lebih parah karena meningkatkan produksi lendir tubuh. Produk susu seperti keju, susu dengan biji-bijian dapat memicu produksi lendir di hidung yang membuat hidung dan telinga tersumbat menjadi lebih buruk.

Konsumsi susu almond atau oat sebagai pengganti susu sapi dalam teh Anda dapat mengurangi jumlah lendir di saluran udara Anda.

Selain itu, Lola juga mengingatkan bahwa santan pun mengandung trigliserida rantai menengah dan dapat memiliki efek anti-inflamasi.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Usus Besar Hingga Kontrol Gula Darah

3. Permen

Permen termasuk gula dan makanan olahan yang bisa menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak histamin. Hal ini bisa memperburuk gejala demam. Jadi, hindari makan permen saat demam.

4. Beberapa buah dan sayuran

Terkadang, orang demam juga harus menghadapi sindrom makanan serbuk sari yang dikenal sebagai sindrom alergi oral.

Alergi makanan ini menyebabkan seseorang mengalami tenggorokan gatal, telinga bagian dalam gatal, lidah atau bibir bengkak setelah makan beberapa buah segar.

Baca Juga: Ini Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Makanan yang membuat seseorang bereaksi tergantung pada serbuk sari apa yang membuat mereka alergi. Misalnya, seseorang yang memiliki alergi serbuk sari rumput dapat bereaksi terhadap melon, tomat, kentang, dan jeruk.

Mereka yang alergi serbuk sari pohon harus menghindari apel, pir, persik, wortel, almond, dan hazelnut.

5. Kopi

Kopi juga termasuk minuman yang harus dihindari saat demam. Selain memicu pelepasan histamin, kopi bisa membuat gejala demam lebih parah.

Menurut The London Allergy & Immunology Centre, lebih baik konsumsi minuman tanpa kafein, seperti teh chamomile.

Claudia