blank
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital Produk UMKM di Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, pada Selasa (24/5). Mereka berfoto bersama seusai kegiatan. (Foto:Humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Peningkatan Penjualan dan Promosi Berbasis Digital Produk UMKM di Kelurahan Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, pada Selasa (24/5).

Tim pengabdian kepada masyarakat diketuai oleh Adhi Widyakto SE MM dan anggota, Adhi Pradiptya SE MM, Susanto SE MM dan Dwi Widi Pratito SN SE MM.

Tim PkM dibantu dua mahasiswi Fakultas Ekonomi USM, Khairiana Nur Hania dan Nurul Hidayah.

Adhi Widyakto menjelaskan, tujuan kegiatannya adalah guna meningkatkan kemampuan anggota kelompok dalam mengelola serta membina UMKM di Kelurahan Ngesrep.

Selain itu juga mengembangkan proses link dan match antara perguruan tinggi, UKM, pemerintah dan masyarakat

”Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari peserta membuktikan ketertarikan peserta dalam pemasaran suatu produk tersebut. Peserta juga menginginkan kegiatan lanjutan untuk pendalaman pelatihan,” katanya.

Sementara itu, Susanto mengatakan, sebaiknya UMKM di Kelurahan Ngesrep untuk menguatkan branding suatu UMKM tersebut dipatenkan di Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dalam PkM ini mahasiswi berpartisipasi dengan mempersiapkan komponen-komponen pelatihan dan memberikan pengetahuan mengenai pengembangan strategi pemasaran produk.

”Strategi pemasaran produk meliputi segmentasi pasar, branding, tema & konsep produk, kemasan, variasi produk dan teknik promosi serta proses pemasaran online untuk dapat mengoptimalkan produktivitas usaha dan pemasaran produk,” ungkapnya.

Muhaimin