Bersamaan dengan pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022, warga masyarakat Desa Joho Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, mendapatkan sosialisasi tentang kebencanaan.(SB.ID/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bersamaan dengan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022, warga Desa Joho Purwantoro Wonogiri mendapatkan sosialisasi bidang kebencanaan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, sosialisasi tentang kebencanaan ini disampaikan Rabu (24/5). Berlangsung di Balai Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

”Bersamaan itu, juga diberikan praktik pengenalan peralatan evakuasi korban bencana, lengkap dengan teknik penggunaannya,” jelas Bambang Haryanto.

Sosialisasi ini diikuti oleh 30 orang, terdiri atas relawan desa, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta warga masyarakat Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

Materi yang disampaikan, tentang kiat membangun Desa Tangguh Bencana (DTB), pengenalan dan praktik penggunaan aneka peralatan dalam tindakan darurat tentang evakuasi kebencanaan.

Kegiatan ini, kata Bambang Haryanto, disamping untuk mendukung pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022, juga untuk tujuan dalam rangka membangun ketangguhan masyarakat di bidang kebencanaan, serta mewujudkan kemandirian dalam penanganan bencana.

Trio personel BPBD yang tampil bertugas menjadi instruktur terdiri atas Aisyah Ekasari, Heri Wibowo dan Wiyanto. Mereka memberikan pembimbingan secara teori dan praktik.

Bambang Pur