blank
Tempat parkir salah satu pabrik di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang terkena banjir rob, Senin (23/5/2022). (foto: BPBD Kota Semarang)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Beberapa hari yang lalu terjadi banjir rob yang melanda pesisir pantai utara Jawa Tengah, daerah yang mengalami banjir rob adalah Kota Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Demak, serta Kota Semarang.

Banjir rob adalah pola fluktuasi muka air laut yang dipengaruhi oleh gaya tarik benda-benda angkasa, terutama oleh Bulan dan Matahari terhadap massa air laut di Bumi.

Berikut ini ada cara membersihkan rumah setelah banjir rob yang perlu untuk diketahui para korban terdampak banjir.

Baca Juga: Teliti Alzheimer Demensia, Tiga Siswi MTS NU Banat Terima Penghargaan Medali Emas

Semarang memang menjadi daerah dengan dampak banjir rob yang paling parah. Hal ini disebabkan karena jebolnya tanggul penahan air laut di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas.

Menurut ahli hidrologi Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) M Pramono Hadi mengatakan, bahwa masalah banjir selama ini adalah kegagalan infrastruktur. Pasalnya, tidak ada standar dalam pembangunan tanggul di pesisir pantai selama ini.

Lantas, bagaimana cara membersihkan rumah setelah banjir rob? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Seorang Perempuan Tewas Tergantung di Kamar Mandi di Godong Grobogan

Cara Membersihkan Rumah Setelah Banjir Rob

Pada intinya, membersihkan rumah setelah banjir harus dilakukan secepat mungkin. Sebab, menunda aktivitas ini hanya akan meningkatkan potensi masalah kesehatan.

Air yang menggenang akan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri yang berbahaya bagi orang-orang yang memiliki gangguan pernapasan. Bahkan jika dalam jumlah besar, jamur dan bakteri juga akan menyebabkan masalah bagi orang sehat.

Baca Juga: Ingin Jadi Youtuber, USM Memberi Solusi

Berikut ini adalah sejumlah cara agar rumah yang sempat terendam banjir bebas dari jamur dan bakteri:

1. Cek kondisi

Sebelum memulai membersihkan rumah setelah banjir rob, cek dahulu kondisi fisik rumah. Tandai jika ada kerusakan pada dinding, pondasi, ataupun kabel listrik.

2. Keringkan rumah

Setelah itu, pastikan mengeringkan rumah sampai benar-benar kering dari air banjir. Pastikan pojok-pojok ruangan hingga di belakang, hingga bawah furnitur tidak ada lagi genangan air.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Masih Cari Lelaki Tunanetra yang Tenggelam di Sungai Tuntang Sejak Seminggu Lalu

3. Gunakan cairan disinfektan

Lalu, bersihkan rumah dengan cairan desinfektan. Jika sulit untuk mendapatkannya, Anda bisa menggunakan air dan sabun.

4. Bersihkan karpet

Karpet merupakan barang yang wajib dibersihkan setelah banjir rob. Seperti lantai, gunakan cairan desinfektan untuk memastikan bahwa karpet bebas dari bakteri.

5. Buang barang yang rusak

Jika ada barang yang rusak karena banjir, maka sebaiknya jangan disimpan. The National Center for Healthy Housing merekomendasikan bahwa barang tersebut sebaiknya dibuang karena berpotensi menimbulkan penyakit.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Masih Cari Lelaki Tunanetra yang Tenggelam di Sungai Tuntang Sejak Seminggu Lalu

Adapun barang-barang yang masih dapat dibersihkan dan kembali disimpan menurut jurnal kesehatan adalah barang yang keras, barang yang tidak berpori seperti perhiasan, piring, kaca, sendok dan garpu, gelas, dan lainnya.

Lalu furnitur kayu, meski berjamur asalkan dalam kondisi baik. Beberapa peralatan elektronik dan perkakas, foto, buku, dan dokumen berharga yang tidak terendam banjir. Serta pakaian yang tidak memiliki kerusakan fisik.

6. Atur ventilasi

Mulailah dengan membuka jendela dan menggunakan kipas angin, supaya terjadi sirkulasi udara. Anda pun harus memastikan kipas angin mengarah ke luar ruangan. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi listrik sudah aman untuk digunakan.

Baca Juga: Pemkab Wonosobo Raih Opini WTP dari BPK Enam Kali Berturut-turut

Setelah semua cara membersihkan rumah setelah banjir rob selesai dilakukan, Anda perlu membersihkan tubuh dengan sabun dan air mengalir yang bersih.

Suara.com