blank
Mahasiswa USM mengajarkan bisnis melalui media sosial.(Foto;Humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Di era digital saat ini, dunia kerja mengalami banyak sekali perubahan. Banyak pekerjaan kekinian yang mengikuti era perkembanga digital.

Tak heran banyak anak-anak yang ditanya mengenai cita-citanya bukan lagi dokter, polisi, atau tantara, melainkan menjadi seorang youtuber.

Untuk menjawab hal tersebut, bisa dengan memilih jurusan yang mendukung, salah satunya adalah komunikasi.

Universitas Semarang (USM) sebagai salah satu kampus swasta terbesar di Jawa Tengah menjawab tantangan itu.

Wakil Dekan II Bidang Kerja Sama dan Kemahasiswaan, Fajriannoor Fanani SSos M IKom mengatakan, jurusan Ilmu Komunikasi yang dimiliki USM unik dan berbeda dengan yang lain.

”Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi itu bukan hanya sekedar belajar bicara saja, tapi lebih dari itu, Ilmu Komunikasi adalah studi mengenai penyampaian pesan yang efektif. Mahasiswa tak melulu diajari teori, namun juga akan banyak praktik dengan terjun langsung ke media, media sosial, menjadi fotografer, dan segudang pengalaman lain yang berkaitan dengan komunikasi,” katanya.

”Bagi mahasiswa yang sudah semester atas bisa menentukan sendiri pilihan konsentrasinya.Bisa ambil bidang media atau komunikasi strategis. Mereka diperbolehkan membuat tugas akhir sesuai dengan peminatan bidang mereka,” ungkapnya.

Memiliki slogan dengan ungkapan berbahasa Jawa ”Dadi Bedo, Mikir Bedo”, Fajri berharap, mahasiswa Ilmu Komunikasi USM memiliki pemikiran-pemikiran kritis yang berbeda dan out of the box untuk dapat memberikan sumbangsih ke masyarakat.

”Jadi mungkin temen-temen SMA yang baru saja lulus dan tertarik dengan bidang komunikasi bisa bergabung dengan USM, karena tentunya akan banyak ilmu yang akan kalian dapatkan di sini. Sebab prospek kerjanya lulusan Komunikasi memang sudah sangat banyak, bahkan bisa hanya dikerjakan melalui online, misalkan social media specialist, public relations, jurnalis, fotografer, blogger, vlogger, influencer, dan banyak lagi lainnya,” tandasnya.

Muhaimin