blank
Melalui game pendidikan Dawn of Civilization dan Ed the Learning Bot, Solve Education! mengajak peserta didik belajar sambil bermain. Foto: Dok/Solve Education

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Solve Education! terus berkomitmen memberikan edukasi berkualitas melalui solusi digital berbasis game yang menarik dan menyenangkan.

Melalui game pendidikan Dawn of Civilization dan Ed the Learning Bot, Solve Education! mengajak peserta didik untuk belajar sambil bermain.

Diketahui, salah satu program unggulannya adalah pendidikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengetahuan dan pemersatu dunia menjadi sangat penting untuk dikuasai oleh anak Indonesia pada masa kini, dan akan datang, agar lebih kompetitif dalam meraih cita-cita mereka.

Sayangnya, tingkat keterampilan bahasa Inggris di Indonesia masih harus ditingkatkan, dengan peringkat 5 dari 9 negara di ASEAN.

Melihat fakta ini, Solve Education! bertekad membantu para anak muda Indonesia untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris dalam mengakses keahlian yang berguna untuk masa depan mereka, melalui solusi berbasis game.

Direktur Pelaksana Solve Education Indonesia, Talitha Amalia mengatakan, pendekatan belajar bahasa Inggris melalui game yang dilakukan oleh Solve Education! sejalan dengan hasil survei dari Rakuten Insight pada bulan Maret 2022, yang menyatakan bahwa 72% responden Indonesia berusia 16-24 tahun bermain online game.

Survei tersebut juga menyatakan bahwa kebanyakan pemain game dari Indonesia bermain online game setiap hari. Maka itu, game cocok digunakan sebagai media belajar karena sifatnya yang menyenangkan, sehingga pelajar dapat mengakses pembelajaran tanpa merasa bahwa mereka sedang belajar.

” Ini sejalan dengan kutipan yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam beberapa kesempatan bahwa belajar itu harus menyenangkan,” ujarnya Talitha, Rabu (25/5/2022).

Platform belajar Solve Education! menunjukkan dampak yang besar terhadap para pelajar. Hingga tahun 2021, pengguna platform Solve Education! memainkan 2,4 juta mini-lesson dan 66 tantangan belajar.

Sebanyak 91% pelajar menunjukkan peningkatan setelah belajar di platform game Dawn of Civilization dan Ed the Learning Bot.

Solve Education juga menemukan bahwa fitur-fitur permainan seperti aliansi, misi, dan papan peringkat membantu pelajar meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

“Solve Education! bekerja sama dengan berbagai mitra menjangkau lebih banyak orang. Pada tahun ini, Solve Education! melanjutkan kemitraan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan memulai kemitraan dengan Pemerintah Kota Semarang. Kerja sama antara Solve Education! dengan pemerintah daerah ini menjangkau sekolah-sekolah dan komunitas belajar lokal yang membutuhkan program pendidikan relevan di abad 21,” tuturnya.

Kemitraan ini tak terbatas dengan pemerintah daerah. Solve Education! telah bermitra dengan sponsor korporasi dan organisasi pendidikan lainnya yang mempunyai semangat untuk memajukan kualitas SDM di negeri ini.

Ning Suparningsih