blank
Seorang narapidana Lapas Semarang tengah divaksin. Foto: Dok/Humas Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang melaksanakan vaksinasi dosis ketiga (booster) bagi narapidana, Senin (23/5/2022).

Dalam pelaksanaan vaksinasi booster melibatkan Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Puskesmas Ngaliyan beserta Tim Dokter Klinik Pratama Lapas Semarang.

Vaksinasi tersebut dilakukan dengan target seluruh narapidana dan petugas, selain itu juga dibuka untuk keluarga petugas Lapas yang belum melakukan vaksin dosis ketiga.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan, vaksin dosis ketiga ini akan dilakukan selama tiga hari kedepan, mengingat jumlah narapidana yang ada di Lapas cukup banyak, yaitu saat ini mencapai 1678 orang.

“Untuk vaksin pertama dan kedua sudah kami lakukan bulan Juli dan Agustus tahun lalu,” jelas Tri Saptono.

“Vaksinasi ini kami laksanakan sebagai peningkatan pertahanan tubuh petugas dan warga binaan, agar tetap terjaga kesehatannya,” kata Tri Saptono.

Salah satu narapidana yang mendapatkan vaksin ketiga, Agus mengungkap syukur bisa mengikuti layanan vaksin di Lapas.

“Senang sekali bisa ikut vaksin, setelah bebas saya tidak perlu lagi vaksin dan bisa leluasa berpergian kemana saja, karena sudah lengkap divaksin,” ungkap Napi kasus narkoba terpidana 4 tahun tersebut.

Pada kesempatan itu tm dokter Klinik Pratama Lapas Semarang juga membagikan multivitamin dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19.

Pihaknya juga menghimbau narapidana untuk selalu melakukan protokol kesehatan. Diharapkan, narapidana bisa secara mandiri melakukan langkah pencegahan dalam penanganan bahaya Covid-19.

Ning Suparningsih