Ketua Panitia Lustrum Ke-7 dan Dies Natalis Ke-35 USM, Dr Haslina (kiri) menyerahkan uang pembinaan kepada juara pertama kelompok mahasiswa, 1. Gema Aditya Mahendra dari Universitas Negeri Semarang dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah di Ruang Sidang Fakultas Teknik, Lantai 7 Gedung Menara USM, Rabu (18/5).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Nasywa Rahmatullaily Kurnia, siswi SMA Islam Sultan Agung Semarang keluar sebagai juara pertama kelompok SMA dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Universitas Semarang di Ruang Sidang Fakultas Teknik, Lantai 7 Gedung Menara USM, Rabu (18/5).

Nasywa terpilih menjadi yang terbaik setelah berhasil mempresentasikan karya tulis ilmiah di depan para juri yang berjudul ”Rancang Bangun ‘Hassan’ (Hand Spray Sanitizer) Upaya Generasi Muda dalam Mencegah Penularan Virus Covid-19 di Era Pandemik”.

Di kelompok mahasiswa, tempat terhormat diraih Gema Aditya Mahendra dari Universitas Negeri Semarang dengan karya ilmiahnya berjudul ”Green Synergy of Tofu Indsutry (Greefy) sebagai Pengolahan Limbah Industri Tahu Berbasis Proses Integrasi dalam Rangka Menuju SDGS 2030”.

Wakil Rektor II USM, Dr Titin W (kiri) menyerahkan uang pembinaan kepada juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA, Nasywa Rahmatullaily Kurnia dari SMA Islam Sultan Agung Semarang.

Ketua Panitia LKKTI, Dr Mulya Virgonita Iswindari Winta SPsi MSi Psikolog mengatakan, kegiatan dilaksankaan dalam rangka Lustrum Ke-7 dan Dies Natalis Ke-35 Universitas Semarang.

Kegiatan dibagi dua kelompok yakni untuk siswa SMA dan mahasiswa.

”Kegiatan ini merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Lustrum Ke-7 dan Dies Natalies Ke-35 USM,” katanya.

Dia menjelaskan, ada beberapa tahapan seleksi dalam LKTI ini mulai dari tahap seleksi atau penjurian, yaitu desk evaluation. Dalam penjurian ini diambil 5 naskah terbaik di setiap kategori (SMA dan mahasiswa–red).

”Kegiatan ini diikuti 231 peserta terdiri atas kategori siswa SMA dan mahasiswa,” ujarnya.

Dia berharap, ide-ide peserta yang berhasil menjadi juara bisa diterapkan di masyarakat.

”Kami berharap, kegiatan ini bisa digelar rutin setiap tahun supaya keterlibatan generasi muda di dalam persoalan-persoalan bangsa dan masyarakat bisa membantu menyelesaikan persoalan tersebut,” ungkapnya.

Juara LKTI USM Kelompok SMA :

1. Nasywa Rahmatullaily Kurnia (SMA Islam Sultan Agung Semarang) dengan judul “Rancang Bangun ‘Hassan’ (Hand Spray Sanitizer) Upaya Generasi Muda dalam Mencegah Penularan Virus Covid-19 di Era Pandemik”,

2. Putra Versa Maulana Amir (SMA Negeri 3 Semarang) dengan judul “Star+C: Pola Hidup untuk Mengurangi Dampak Negatif Media Sosial pada Karakter Remaja”,

3. Fernanda Lathifanka Sunarko (SMA Negeri 3 Semarang) dengan judul “Metode ‘SL’ dan ‘CIE’ untuk Menyaring Konten Negatif dan Mengimplementasikan Konten Positif Pada Media Sosial”.

Juara harapan 1. Adelia Octora Kuncoro Putri (SMA Negeri 13 Semarang) dengan judul “Strategi Penguatan Bela Negara dalam Perkembangan Teknologi pada Generasi Muda di Era Globalisasi”, 2. Rafialdo Farel Athallah Ramadhan (SMA Negeri 16 Semarang) dengan judul “Budaya Tiktok Pembentukan Karakter Pancasila”.

Juara LKTI USM Kelompok Mahasiswa :

1. Gema Aditya Mahendra (Universitas Negeri Semarang) dengan judul “Green Synergy of Tofu Indsutry ( Greefy) Sebagai Pengolahan Limbah Industri Tahu Berbasis Proses Integrasi dalam Rangka Menuju SDGS 2030”,

2. Ismawati Suci Wihati (Universitas Semarang) dengan judul “Elsa Speak: Platform Pembelajaran berbasis Al Terhadap Generasi Muda dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Untuk Lebih Percaya Diri”,

3. Muhammad Alfarizi (Universitas Binus) dengan judul “B-IU Digicoop: Aplikasi Koperasi Digital Mahasiswa Untuk Mencapai Inklusi Keuangan Nusantara”.

Juara harapan 1. Mutiara Apriliyani (Universitas Semarang) dengan judul “Urgensi Literasi Digital dan Critical Thinking dalam Membentuk Karakter Generasi Milinial Anti Hoaks”,

2. Fitri Novitasari (Universitas Semarang) dengan judul “One Day One Page Challenge sebagai Penerapan Literasi Digital Untuk Menunjang Pembentukan Karakter Generasi Muda melalui Website GrowLIT.ACT”.

NF/Muha