blank
Polisi imbau menjaga kebersihan kandang, peternak sapi di desa Temurejo Kecamatan Blora. Foto: Polsek Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah Blora Jawa Tengah, Kepolisian Resor (Polres) Blora gencarkan pemantauan ke peternak sapi, memberdayakan anggota Bhabinkamtibmas untuk aktif sambang ke desa binaannya, Minggu, (15/5/2022).

Pemantauan dilakukan Babhinkamtibmas yang di wilayah desa binaannya yang memelihara hewan ternak sapi. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Aipda Teguh DY yang bertugas di Desa Temurejo Kecamatan Blora menyambangi peternak sapi setempat.

Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH melalui Kasi Humas AKP Budi Yuwono mengatakan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi baru – baru ini, pihaknya gencar melakukan langkah pemantauan dan pengawasan. Kegiatan ini dilakukan ke sejumlah peternakan sapi yang ada di wilayah Blora.

blank
Polisi memantau  peternak sapi di desa Temurejo Kecamatan Blora. Foto: Polsek Blora

“Kami terjunkan Bhabinkamtibmas untuk menyambangi peternak sapi, tentunya bersinergi bersama instansi terkait,” terang Kasi Humas AKP Budi Yuwono.

Polres Blora mengimbau pada peternak sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan ternak, agar terhindar dari penyakit, terutama penyakit mulut dan kuku.

“Kami edukasi warga agar selalu menjaga kebersihan kandang. Selain itu tak kalah penting kami ingatkan agar pola makan hewan juga diperhatikan sehingga kesehatan hewan tetap terjaga,” ungkap Kasi Humas.

Polres berharap agar para peternak sapi waspada terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak peliharaannya, imbuh AKP Budi Yuwono.

“Diharapkan selalu berkoordinasi, apabila ternaknya terjangkit penyakit mulut dan kuku,  segera memberitahukan kepada perangkat desa setempat, untuk diteruskan kepada instansi terkait agar tidak menyebar ke hewan yang lain,” tandas Kasi Humas Polres Blora.

Kudnadi