blank
Forkopimcam memanen perdana pisang Raja Bulu di Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora. Foto: Dok Kades Sambongrejo

BLORA (SUARABARU.ID) – Sebuah inovasi petani buah yang memanfaatkan tanah kas Desa, hingga berhasil dan berbuah di tanami pohon pisang.  Panen perdana pisang Raja Bulu di Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Inovasi pemanfaatan tanah kas Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, untuk penanaman ribuan pohon pisang Raja Bulu, layak ditiru untuk meningkatkan PADes dua kali lipat dari biasanya,” ucap Kepala Desa Sambongrejo Siswadi.

Dengan semangatnya sekali tebas,  Kapolsek Tunjungan, AKP Suparlan memotong satu tandan pisang dengan didampingi oleh Kepala Desa Siswadi, dan Danramil Tunjungan, Kapten Muntoyono, di lahan kebun pisang Dukuh Gunungrowo, Desa Sambongrejo, Minggu  (15/5/2022).

Kepada awak media including, Kades Siswadi mengungkapkan tujuannya menanam ribuan pohon pisang jenis Raja Bulu, di atas lahan tanah kas Desa, yang dibeli bibitnya dari  Magelang, adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), tanpa meninggalkan fungsinya, yaitu sebagai lahan yang produktif untuk pertanian atau perkebunan.

3.000 Pohon Pisang Raja Bulu

“Kami sengaja mengolah lahan tanah kas desa ini, dengan menanam pisang jenis raja bulu, sebanyak 3.000 pohon, secara sporadis, sehingga bisa diatur masa panennya, hari ini kami panen perdana untuk 100 pohon yang kami tanam di awal,” ungkap Kades Siswadi.

Menurut Kades Siswadi, tanah kas Desa atau bengkoknya diupayakan bisa mendatangkan PADes yang lebih besar, dengan menanam tanaman hortikultura, yang bisa ditanam dan dipanen lebih cepat, dengan nilai ekonomi yang lebih besar, hingga dua kali lipat.

“Tanah kas desa kami, bila disewakan hanya mendapatkan sebesar Rp. 50 Juta setahun, untuk itu kami akan kelola menjadi lahan perkebunan dan wisata desa berbasis hortikultura, kami awali dengan penanaman pisang Raja Bulu ini, dari biaya penanaman yang kita keluarkan sebesar Rp 30 Juta, bisa menghasilkan uang panen sebesar Rp 60 Juta, dua kali lipat untungnya,” ungkap  Siswadi sambil memegang pisangnya.

blank
Kepala desa Sambongrejo, Siswadi. Foto: Dok Kades Sambongrejo

Apresiasi Danramil maupun Kapolsek Tunjungan, merasa salut dan mendukung upaya dari jajaran Pemerintah Desa Sambongrejo, dalam upayanya pengembangan ekonomi bidang perkebunan hortikultura yaitu pisang Raja Bulu itu, dan siap untuk mengawal program Kades tersebut.

“Kami selaku aparat keamanan bersama Polsek Tunjungan siap mendukung program pengembangan ekonomi Desa Sambongrejo, dan Desa – desa lain di wilayah Kecamatan Tunjungan,” tandas Kapten Muntoyono, Danramil Tunjungan, saat ikut hadir dalam panen perdana bersama Kapolsek Tunjungan, AKP Suparlan.

Kudnadi