blank
Ketua yayasan, pembina, narasumber, Kepala M.Ts, petinggi dan sekretaris yayasan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memperkokoh sinergitas dan untuk mewujudkan lembaga pendidikan berkualitas, Yapi Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara menggelar acara Halal Bihalal. Tema tersebut dipilih sebagai ikhtiar untuk mengembangkan lembaga pendidikan di bawah naungan Yapi Nahdlatul Fata.

Yayasan yang menaungi pendidikan PAUD-RA, MI, MTs, MA, Madin, TPQ, Ponpes, dan KSU Nafa Takaful terus berkomitmen untuk mempersiapkan generasi unggul, kompetitif dan berakhlak mulia.

Halal bihalal yang digelar di aula MTs Nahdlatul Fata Petekeyan, 8 Mei 2022  dikemas dalam bentuk pembinaan, konsolidasi, dan koordinasi tersebut menghadirkan narasumber H. Moh. Izzuddin, M. Pd.I, Pengawas Pendidikan Madrasah dari Kementerian Agama Kantor Kabupaten Jepara.

blank
Sebagian dewan guru M.Ts, MA NU Nafa Nafa

Moh. Izzuddin, M. Pd.I memaparkan strategi pengembangan madrasah yang harus didukung dan dilaksanakan oleh stakeholder madrasah sesuai dengan tupoksi masing- masing.

Pertama, Pembangunan fisik. Menurutnya ini penting, karena tampilan fisik merupakan daya tarik pertama sebelum melihat keunggulan lembaga pendidikan lainnya.

Kedua, kolaborasi teamwork madrasah. Kerjasama stakeholder madrasah dalam mewujudkan visi-misi madrasah adalah salah satu strategi dalam pengembangan madrasah. Tanpa sinergitas, kolaborasi, dan saling mendukung implementasi visi-misi tentu mengalami kendala. Oleh karena itu, teamwork yang solid, visioner, dan kapabel adalah sebuah keniscayaan.

Ketiga, capacity building pengelola madrasah. Pengembangan kapasitas pengelola madrasah, mulai dari kepala, dewan guru, tenaga kependidikan, dan karyawan harus selalu diupgrade agar dapat merespon perubahan, dinamisasi pendidikan dengan cepat, tepat, dan cerdas. Apalagi di era digitalisasi seperti ini, para pengelola pendidikan harus cakap memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses belajar mengajar. Keempat, promosi dan sosialisasi.

blank
Dewan guru TPQ  Nafa

“Sebaik apapun dan sehebat apapun sebuah lembaga pendidikan harus dipromosikan dan disosialisasikan”ujar H. Moh. Izzuddin, M. Pd.I . Disamping sebagai branding madrasah, promosi dan sosialisasi dapat menjadi media penyampaian tanggung jawab publik terhadap user, wali siswa yang telah menitipkan putra-putrinya di lembaga tersebut.

Sementara itu H. Maskan, Ketua Yayasan mengajak seluruh unit di lingkungan Yapi Nahdlatul Fata untuk terus berinovasi dan berkreasi mengembangkan lembaga nya, ” Mari kita jadikan momentum idul fitri untuk meningkatkan semangat baru, etos kerja dan kinerja lebih baik, dan terus berinovasi dan berkreasi agar madrasah dapat meningkatkan mutu dan pelayanan,” tuturnya.

Halal bihalal juga diisi motivasional dari Pembina Yayasan, Drs. H. Nur Khandir dan dari Kepala MTs. Nahdlatul Fata, H. Subekhan, M. Pd. agar seluruh lembaga pendidikan siap menyambut PPDB dengan sukses dan positif. ” Tonjolkan keunggulan madrasah dan potensi yang dimiliki, maka masyarakat akan percaya,” tukas H. Nur Khandir.

Hadepe – Subekhan