blank
BERSERAKAN - Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat ikut memunguti sampah yang berserakan. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Semenjak dibuka Jalan Pancasila Kota Tegal, setiap hari dipadati ribuan pengunjung. Namun sayang, para pengunjung masih abai dengan sampah. Mereka meninggalkan bungkus dan sisa makanan serta minuman di jalan. Melihat kondisi sampah yang berserakan disepanjang Jalan Pancasila, menjadi keprihatinan Kapolres Tegal Kota, AKBP Rahmad Hidayat.

Kapolres bersama Wakapolres Tegal Kota, Kompol Zaenal Arifin, Kasat Sabhara AKP Bambang SD dan jajarannya memimpin langsung memungut sampah yang berserakan di sepanjang Jalan Pancasila Minggu (08/02022) malam. Dimulai pukul 22.00 hingga 24.00 WIB dengan menggunakan kantong plastik besar, Kapolres menyisir sepanjang jalan untuk memungut sampah yang ditinggalkan oleh para pengunjung.

“Malam hari ini kita seperti biasa melaksanakan pengamanan disekitar Alun-alun karena masih dalam rangka kegiatan Operasi Ketupat Candi 2022. Kita ingin memastikan masyarakat menghabiskan waktu disekitar Alun-alun ini dalam keadaan aman dan kondusif. Malam ini kita juga melakukan gerakan menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan, melihat perkembangan beberapa pekan terakhir masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Jalan Pancasila Kota Tegal cenderung abai dengan kebersihan. Pada setiap kali meninggalkan tempat Jalan Pancasila tidak ada kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga terlihat kotor.

“Kita menggugah masyarakat bersama-sama untuk saling menjaga kebersihan. Memang ini kadang terihat susah. Tetapi kita memulai dari hal yang kecil, sehingga Kota Tegal Bahari yang diharapkan menjadi kota yang bersih dapat diwujudkan. Kami dari Polres Tegal Kota punya tanggung jawab bersama dengan semua pihak, dengan berbagai komunitas mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungan agar selalu bersih,” ujar AKBP Rahmad.

Kepolres berharap di mana pun masyarakat untuk tidak meninggalkan sampah. Terutama sampah plastik yang sudah menjadi isu global yang tidak bisa diurai dengan tanah sehingga dapat mengganggu lingkungan. “Gerakan ini diharapkan untuk terus gelorakan, masyarakat dengan kesadaran sindirinya mau menjaga kebersihan khususnya para pendatang yang ada di Jalan Pancasila Kota Tegal,” harap Kapolres.

“Bersih-bersih sampah seperti ini dilakukan sudah dua malam. Diharapkan gerakan ini terus bergulir dilakukan oleh siapa saja yang ada di sepanjang Jalan Pancasila,” tutup AKBP Rahmad.

Nino Moebi