blank
Ilustrasi mudik menggunakan kendaraan pribadi. Foto: istokphoto

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Selain transportasi umum, banyak masyarakat memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik tahun ini. Selain alasan keamanan karena tak perlu berkerumun dan berkumpul dengan penumpang lain, mudik dengan kendaraan pribadi juga dinilai lebih fleksibel dalam segi waktu dan pemilihan rute.

Meski begitu, bagi Anda yang hendak mudik baik kendaraan pribadi, pastikan tidak lupa mengecak beberapa hal penting sebelum berangkat.

Dikatakan oleh VP Automotive Category Blibli, Eddy Lukita, “Pemudik perlu memastikan kondisi kendaraan yang digunakan untuk pulang ke kampung halaman dalam kondisi prima, mengingat waktu tempuh cenderung lama dan kondisi lalu lintas tidak dapat diprediksi.”

Baca Juga: 320 Pemudik Gratis Tujuan Jateng Dilepas Ganjar dari Stasiun KA Pasar Senen

Dilansir dari Suara.com, Eddy menambahkan tidak sedikit pelanggan yang sudah memperhatikan kondisi kendaraannya. Hal ini terlihat dari angka transaksi suku cadang mobil dan perawatan kendaraan melalui Blibli rata-rata naik hingga 2 kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

Data internal Blibli mencatat angka transaksi untuk jasa perawatan mesin mobil naik hingga 267%, filter udara naik 47%, bahkan paket perawatan interior naik hingga 120%.

Dan inilah hal-hal yang harus Anda persiapkan agar mudik dengan kendaraan pribadi aman dan nyaman, mengutip siaran pers yang diterima Suara.com.

Baca Juga: Mudik Lebaran Gratis Pemprov Jateng 2022, Bank Jateng Sediakan 65 Unit Bus dan 4 Gerbong Kereta Api

1. Cek Kunci dan Peralatan Kendaraan

Kunci-kunci dan peralatan kendaraan standar seperti obeng, tang, dongkrak, dan alat pompa portabel perlu dipersiapkan sebagai pertolongan pertama jika sewaktu-waktu kendaraan yang dikendarai mengalami gangguan ringan di tengah perjalanan.

2. Berbagai Cairan Penting untuk Efektivitas Laju Kendaraan

Ibarat tubuh manusia, kendaraan juga membutuhkan cairan untuk menjaga performanya tetap stabil selama perjalanan jarak jauh. Sebelum berangkat, pastikan mengecek air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga cairan pembersih kaca. Jangan sampai kehabisan di tengah jalan, ya.

3. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk Antisipasi Kebakaran

Risiko kebakaran dapat terjadi di mana saja, bahkan saat berkendara jarak jauh sekalipun, terutama bagi pengendara mobil. Pilihlah APAR yang mampu memadamkan api dengan efisien, serta ampuh mendinginkan suhu tinggi dalam waktu singkat.

Selain itu, pilih juga yang terbuat dari kandungan bahan ramah lingkungan, bebas racun, serta memiliki desain kemasan ergonomis dan anti karat.

Baca Juga: Ratusan Pemudik Gratis Disambut Bupati Kudus di Pendapa

4. Ban Cadangan untuk Mobil yang Belum Mengadopsi RTF

Mengingat masih banyaknya mobil yang belum mengadopsi ban jenis Run Flat Tire (RTF), atau ban yang tahan digunakan meski sudah bocor, menjadikan ban cadangan penting untuk dibawa saat berkendara.

Untuk itu, ban cadangan harus senantiasa dalam kondisi prima melalui pengecekan angin secara berkala, rutin melakukan rotasi ban, serta kesiapan atas perkakas dan aksesori penunjang efektivitas saat harus mengganti ban di tengah perjalanan.

5. Aman Berkendara dengan Asuransi Kendaraan

Tidak dapat dipungkiri bahwa akan terjadi banyak simpul kepadatan di jalur-jalur mudik, yang mana juga berisiko memicu terjadinya gangguan saat berkendara, mulai dari risiko pencurian, bersenggolan dengan kendaraan lain, hingga ancaman tindak kejahatan di jalan.

Baca Juga: Pemudik Harus Perhatikan Tingkat Kejenuhan Jalan

Untuk mengantisipasi kerugian akibat risiko tersebut, pengendara dianjurkan untuk membeli asuransi kendaraan. Banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh pengendara, seperti di antaranya perlindungan terhadap kendaraan, pengemudi, penumpang, tuntutan dari pihak ketiga, serta jaminan terhadap barang-barang pribadi.

6. Melunasi Pajak Kendaraan Pribadi

Beberapa dari kita mungkin kerap kesulitan meluangkan waktu pergi ke kantor Samsat terdekat untuk membayar nominal pajak kendaraan yang tertagih. Kini, hal itu tidak lagi jadi masalah, karena Blibli resmi menjadi e-commerce pertama untuk saluran pembayaran pajak kendaraan via aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL) Korlantas Polri.

Sesudah bayar pajak online via Blibli, Anda bisa dapatkan cetak surat STNK yang sudah diperpanjang secara online juga, tanpa perlu mengambil dan mengantri lagi di kantor Samsat.

Claudia