blank
Ilustrasi zakat, sedekah, memberi bantuan kaum duafa, niat zakat fitrah. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Selagi umat muslim memiliki kelapangan baik itu tenaga, pikiran, maupun harta, dianjurkan untuk melakukan sedekah. Tetapi sedekah lebih dianjurkan pada bulan Ramadan, karena memiliki nilai yang istimewa.

Dilansir dari Suara.com, sedekah di bulan Ramadan ini telah diungkap oleh riwayat Imam At-Tirmidzi. Berikut ungkapan dari Rasulullah SAW:

“Dari Anas RA, sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan,’” (HR At-Tirmidzi).

Melansir dari NU Online, para sahabat sendiri telah menyaksikan kemurahan hati Rasulullah SAW di bulan Ramadan.

Mereka mengatakan, Rasulullah merupakan orang yang paling murah hati. Kemurahan hati Rasulullah SAW ini tampak lebih terlihat saat di bulan Ramadan.

“Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati. Ia semakin murah hati di bulan Ramadan,” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu, para ulama menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak sedekah dan berbuat baik secara umum. Pasalnya, ganjaran kebaikan di bulan Ramadan akan dilipatgandakan, sebagaimana keterangan Hasyiyatul Baijuri berikut ini:

“(Orang berpuasa) dianjurkan segera memperbanyak sedekah karena Rasulullah SAW adalah orang paling murah hati di Bulan Ramadan. Seseorang dapat melakukan kebaikan secara umum karena ganjaran amal kebaikan apapun bentuknya akan dilipatgandakan dibandingkan ganjaran amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan,” (Lihat Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 1999 M/1420 H], cetakan kedua, juz I, halaman 562).

Claudia