blank
Kepadatan jalan tol pada hari biasa. Pada musim mudik, keoadatan akan melonjak secara luar biasa. Foto: Widiyartono R.

SEMARANG (SUARABARU.Id) – PT Jasamarga Semarang Batang sebagai pengelola ruas Tol Semarang-Batang memastikan gerbang Tol Kalikangkung di Semarang siap menghadapi lonjakan pemudik saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang, Prajudi, Minggu (24/4/2022). Menurutnya, akan terjadi lonjakan kendaraan yang akan masuk ke Jawa Tengah setelah dua tahun terakhir tidak ada lonjakan pemudik akibat pandemi.

“Kalikangkung merupakan titik yang akan menjadi perhatian karena ada potensi antrean panjang,” kata Prajudi seperti dikutip suarajawatengah.id jejaring suara.com.

Guna mengantisipasi lonjakan arus mudik tersebut, menurut Prayudi, pemerintah telah menyiapkan skenario pemberlakuan arus satu arah atau one way dari barat yang akan masuk ke Semarang serta aturan ganjil genap pelat nomor kendaraan yang diizinkan melintas di jalan tol.

Pemberlakuan arus kendaraan satu arah serta ganjil genap saat arus mudik rencananya dimulai pada 28 April hingga 1 Mei 2022. Sedangkan untuk arus balik pemberlakuan mulai 6 hingga 9 Mei 2022.

Pembayaran di Gerbang Tol Palimanan Ditiadakan

Untuk memperlancar arus kendaraan, kata Prajudi, transaksi pembayaran di gerbang Tol Palimanan juga akan ditiadakan selama arus mudik dan balik.