blank
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menko PMK, Muhadjir Effendy didampingi Gubernur Jateng, Kapolda, Pangdam IV dan instansi terkait saat konferensi pers di Gerbang Tol Kalikangkung. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan pengecekan kesiapan gerbang Tol Kalikangkung Kota Semarang.

Pengecekan tersebut dilakukan untuk menghadapi lonjakan arus mudik Lebaran 2022 ini.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan hasil pemetaan, arus kendaraan di gerbang Tol Kalikangkung akan menjadi yang paling padat.

“Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 28, 29, serta 30 April 2022,” ujarnya saat konferensi pers di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/4/2022).

Budi Karya Sumadi mengimbau para pemudik agar pulang kampung (mudik) lebih awal, mulai 26 April 2022.

“Masyarakat Jawa Tengah ingatkan saudaranya agar pulang lebih awal, supaya jumlah pada puncak arus mudik akan berkurang,” kata Menhub.

Sementara itu Menko PMK Muhadjir Effendi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Kapolda, Pangdam, dan dinas terkait lainnya yang sudah menyiapkan mudik ini dengan sangat baik.

Muhadjir Effendi menyebut, simulasi penanganan mudik sudah disampaikan melalui jalan tol, jalur Pantura, tengah, serta selatan.

“Para pemudik juga akan diarahkan ke jalur-jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan di jalur utama,” ujarnya.

Muhadjir mengimbau pemudik untuk memanfaatkan jalur selatan yang sudah dibangun dengan baik, sehingga akan mengurangi beban di jalur tol.

Ning