blank
Rektor USM Dr Supari MT dan Rektor UPS Dr Taufiqullah MHum didampingi anggota Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU (kiri) dan Sekretaris Yayasan Pancassakti, Dr

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Universitas Semarang (USM) dan Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Ruang Telekonferensi Gedung Menara USM Prof Dr H Muladi SH pada Rabu (20/4).

Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan Rektor USM Dr Supari MT dan Rektor UPS Dr Taufiqullah MHum.

blank
Jajaran pimpinan USM dan UPS berfoto bersama seusai penandatanganan MoU kedua belah pihak.

Hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Ir Soeharsojo IPU (anggota Yayasan Alumni Undip), Dr Suyono MPi (sekretaris Yayasan Pancasakti), Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih, MP (wakil Rektor I USM), Dr Titin Winarti, SKom MM (wakil Rektor II USM), Dr Muhammad Junaidi SHI MH (wakil Rektor III USM), serta para dekan dari UPS dan USM.

Dalam sambutannya Rektor USM mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman ini untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kerja sama ini untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan implementasi MBKM dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi, dengan ruang lingkup pengajaran,
penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” katanya.

Dia berharap, kerja sama ini bukan untuk berkompetisi, tapi niat untuk mencerdaskan anak bangsa dan menyiapkan anak bangsa. USM dan UPS bisa saling melengkapi, apalagi sama sama punya sumber daya yang kompeten di bidang masing-masing.

Rektor UPS, Dr Taufiqullah mengatakan, pihaknya banyak belajar dari USM.

”Motivasi saya ke sini adalah belajar dari kampus USM terkait dua hal, pertama bagaiamana USM mampu memiliki jumlah mahasiswa yang sangat banyak yaitu sekitar 22 ribu, dan sarana prasarana yang terus berkembang dan meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Ir Soeharsojo menyambut gembira atas adanya nota kesepahaman antara USM dan UPS.

“Saya mewakili pihak yayasan menyambut gembira dengan adanya MoU antara USM dan UPS. Kemudian juga dilanjutkan MoU dari beberapa fakultas dan pasca sarjana juga,” ucapnya.

“Beberapa hal yang perlu saya sampaikan bahwa tentu kerja sama selanjutnya adalah kegiatan bersama yang bersinergi. Ada istilah baru yaitu kolaborasi. Jadi tidak hanya kolaborasi tetapi juga ada aksi, yang bermanfaat untuk USM, UPS, dan masyarakat umum,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Yayasan Pancasakti, Dr Suyono. Menurutnya, pihaknya sangat bahagia bisa bekerja sama dengan USM.

“Saya sangat bahagia, karena kami bisa terima di USM, kampus yang megah ini. Tentunya kami bisa belajar banyak dari Yayasan Alumni Undip dan USM,” ukatanya.

Nf/Muha