blank
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen saat memberikan keterangan terkait penerapan one way di ruas jalan tol. Foto: Heri

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus mudik 2022 yang diperkirakan melonjak telah disiapkan pihak kepolisian. Salah satunya adalah one way di ruas tol Cikampek – Jawa Barat hingga gerbang tol Kalikangkung Jawa Tengah.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengatakan, one way akan diterapkan mulai tanggal 28 April 2022, dari arah barat menuju timur. Sehingga, untuk masyarakat yang hendak mudik dari arah timur ke barat, tidak bisa melewati tol.

“Info itu sangat penting kita informasikan kepada masyarakat, supaya nanti bisa mengambil jalan-jalan pintas atau jalan-jalan lain, yang kebetulan dari Semarang ingin ke barat,” tuturnya ditemui usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektor Tingkat Mabes Polri secara virtual di Polda Jateng, Kamis (14/4/2022).

Untuk jalur alternatif yang bisa dilintasi, kata Taj Yasin, Dinas Perhubungan akan memberikan informasi kepada masyarakat, baik melalui media massa elektronik maupun media sosial. Sehingga diharapkan masyarakat rutin menyimak informasi yang diberikan agar tidak keliru mengambil jalur.

Taj Yasin juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan mudik, agar sudah melaksanakan vaksinasi booster. Vaksinasi ini penting untuk menjaga laju penularan Covid-19 dan mencegah risiko fatalitas, apabila terjadi penularan Covid-19.

Menurut Taj Yasin, jika masyarakat belum sempat melakukan vaksin, Pemprov Jawa Tengah menyediakan enam lokasi vaksin di posko terpadu. Antara lain di tol Banyumanik Semarang dan Pemalang.

Heri