blank
Buah strawberry. Foto: sehatq.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah anda suka mengkonsumsi buah strawberry? Buah strawberry mengandung beragam nutrisi. Apa saja yang terkandung di dalam strawberry?

Kali ini kita akan membahas sedikit mengenai manfaat buah strawberry untuk kesehatan. Apa anda penasaran? Yuk, simak baik-baik.

Dilansir dari Suara.com laman Food Data Central (hellosehat) dalam 100 gram buah strawberry mengandung beragam nutrisi, yakni

Air : 90,95 gr
Energi : 32 kcal
Karbohidrat : 7,68 gr
Vitamin C : 58,8 gr
Vitamin A : 1 mcg
Beta karoten : 7 mcg
Vitamin E : 0,29 mg
Vitamin K : 2,2 mcg
Vitamin B6 :0,047 mg
Lemak total :0,67 gr
Gula : 4,89 gr
Serat : 2 gr
Kalsium : 16 mg
Kalium : 153 mg
Zat besi : 0,41 mg
Magnesium : 13 mg
Fosfor : 24 mg
Zink : 0,14 mg
Riboflavin :0,022 mg
Folat :24 mcg
Kolin :5,7 mcg
Itu tadi sederet nutrisi yang terkandung dalam buah strawberry. Ada beberapa manfaat buah strawberry untuk kesehatan. Simak yuk..

1. Menjaga kesehatan mata

Buah strawberry mengandung vitamin C dan antioksidan (seperti flavonoid, phenolic, phytochemicals, dan ellagic acid).

Kedua kandungan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas supaya mata terhindar dari masalah seperti katarak, mata kering, dan degenerasi makula.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi jus strawberry dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Karena buah ini kaya akan vitamin C.

Selain itu, vitamin C pada buah strawberry juga berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas yang dapat membahayakan tubuh.

3. Mencegah kanker

Vitamin C, asam folat, anthocyanins, quercetin, dan kaempferol adalah beberapa jenis flavonoid yang terdapat pada buah strawberry yang memilii efek antikarsinogenik.

Kandungan antikarsinogenik dapat melawan pertumbuhan tumor penyebab kanker, dan juga mencegah metastasis (penyebaran) sel kanker di dalam tubuh.

4. Meningkatkan fungsi otak

Strawberry juga memiliki manfaat yang tak kalah penting, yakni dapat meningkatkan fungsi otak. Karena, buah ini kaya akan antisianidin dan flavonoid yang efektif mencegah penurunan memori.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Devore dari Harvard University menyimpulkan bahwa, wanita usia lanjut yang mengkonsumsi buah strawberry sebanyak dua porsi atah lebih setiap pekan, memiliki daya ingat yang lebih baik.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai manfaat buah strawberry, untuk penjelasan lebih lengkap lagi, anda bisa langsung ke laman resmi hellosehat. Semoga bermanfaat ya..

Ning