Kanit Binmas Polsek Gombong Polres Kebumen Aiptu Supono menyerahkan sembako ke wanita tua di wilayah tugasnya di Gombong.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Berpangkat bintara, berjiwa perwira. Itulah mungkin sebutan untuk menggambarkan kedermawanan Kanit Binmas Polsek Gombong Polres Kebumen Aiptu Supono.

Bagaimana tidak? Aiptu Supono atau yang akrab disapa Bang Pono itu rela menyisihkan gajinya untuk disumbangkan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Hebatnya, meski hanya bagi-bagi sembako, aksi sedekah ini sudah rutin ia lakukan kurang lebih satu tahun terakhir. Tepatnya sejak ia ditugaskan sebagai Kanit Binmas Polsek Gombong.

“Niat saya ibadah. Ya, meski hanya sedikit semoga berkah,”ungkap Aiptu Supono yang selalu berpenampilan rapi itu, Kamis (7/4).

Seorang nenek renta di Kecamatan Gombong menerima bingkisan sembako dari Kanit Binmas Polsek setempat Aiptu Supono.(Foto:SB/Ist)

Sasaran pembagian sembako memang baru mencakup warga masyarakat Kecamatan Gombong. Bahkan, meski dari gaji sendiri, Aiptu Supono melakukan sedekah dengan mengatasnamakan Polsek Gombong. Ia ingin menampilkan sosok polisi dermawan di tengah masyarakat.

“Saat membagikan sembako, saya sampaikan ini dari Polri, dari Polsek Gombong. Supaya kita lebih dekat lagi dengan masyarakat,”ujar bapak dua anak tersebut.

Aiptu Supono juga mengajak kepada siapa saja boleh bergabung untuk ikut sedekah. Ia telah  mengantongi banyak nama untuk mendapatkan giliran bantuan sembako.

Sembako yang dibagikan cukup lumayan guna meringankan warga yang membutuhkan. Utamanya  bagi warga yang kurang mampu maupun mereka yang telah berusia lanjut.

Satu paket sembako yang dibagikan biasanya berisi beras, gula pasir, minyak goreng, ikan sarden, mie telor, susu kental manis dan mie instant.

Baginya, balasan senyuman dari warga saat menerima bantuan sudah lebih dari cukup. Sebab tujuan utama dari sedekah ini adalah menghadirkan sosok polisi di tengah keterbatasan ekonomi masyarakat.

Komper Wardopo