blank
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyatakan, situasi Kamtibmas di Jateng menjelang Ramadan tahun 2022 sangat kondusif.

Menurut Luthfi, pemerintah berupaya agar ibadah puasa Ramadan masyarakat khususnya kaum muslimin berjalan lancar dan khusyuk.

“Secara umum kamtibmas kondusif dan bahan kebutuhan pangan tersedia cukup di pasaran. Saat ini pemerintah sudah memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk beraktivitas,” terang Luthfi, Jumat (1/4/2022).

Kapolda Jateng secara pribadi mengajak masyarakat khususnya kaum muslimin untuk beribadah Ramadan secara khusyuk dan tetap menjaga kebersamaan dan toleransi sesama warga.

“Bagi umat muslim monggo melaksanakan ibadah puasa Ramadan dan sholat tarawih. Pada saatnya nanti, silahkan juga melaksanakan mudik bagi warga yang ingin silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Namun nanti ada sejumlah aturan yang kami harap dipatuhi, khususnya prokes,” kata Luthfi.

Aturan yang dimaksud adalah masyarakat diminta tetap taat prokes saat melaksanakan tarawih berjamaah di masjid.

Terkait mudik, Kapolda menyebut wilayah Jawa Tengah adalah pusat konsentrasi mudik terbesar di Indonesia. Pihaknya sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi agar arus mudik berjalan lancar.

“Nanti akan ada operasi lilin candi yang merupakan operasi kepolisian terpusat. Namun sebelumnya, kepolisian sudah melaksanakan operasi-operasi pendahuluan agar situasi Kamtibmas tetap landai dan tidak ada gejolak,” ujarnya.

Operasi-operasi tersebut, kata Kapolda, tidak hanya dilakukan fungsi lalu lintas, namun juga semua fungsi di kepolisian. “Termasuk juga berkoordinasi intensif dengan instansi terkait, seperti satgas pangan dan penanggulangan Covid-19, serta sejumlah penyelesaian konflik komunal di Jawa Tengah,” tegasnya.

Kapolda menyatakan, pihaknya siap all out menerjunkan personil dalam pengamanan Kamtibmas pada bulan Ramadan dan Idul Fitri, termasuk masa mudik nanti.

“Masyarakat silahkan mudik, namun tetap taati prokes dan aturan yang ada. Tetap jaga kerukunan dan utamakan keselamatan di jalan raya,” pungkasnya.

Ning