blank
MRI Kabupaten Jepara saat menggelar latihan water rescue

JEPARA (SUARABARU.ID)- Bencana merupakan peristiwa yang tidak dapat diprediksi kapan akan datang. Sebagai seorang relawan yang akan turun langsung di berbagai medan kebencanaan, sudah semestinya memiliki bekal terlebih dahulu mengenai Teknik dasar penyelamatan baik itu di darat, maupun di perairan.

Kamis (31/3/2022) Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Jepara melaksanakan kegiatan edukasi kebencanaan berupa Pelatihan Water Rescue yang diadakan di Waterboom Shinta Poll 1 desa Pecangaan Kulon, yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mengupgrade skill terkait Teknik penyelamatan khususnya di medan air. Pelatihan tersebut diikiti oleh 10 relawan dari berbagai devisi.

Adapun beberapa kegiatan yang berlangsung yaitu, penyampaian materi dasar berenang dan Teknik penyelamatan di air, cara menyelamatkan survivor dan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan Teknik pengangkatan survivor dari air ke permukaan darat. Tidak hanya itu saja, para relawan juga melakukan praktik langsung terkait Teknik penyelamatan di air yang diawali dengan pemanasan, kemudian terjun di kolam dan dilanjutkan simulasi terkait Teknik penyelamatan di air.

Mahmud Syifaudin ketua Masyarakat Relawan Indonesia Kabupaten Jepara menyampaikan bahwa ” kegiatan seperti ini memang kedepannya agak kita jadwalkan secara rutin, sehingga sekiranya ada bencana Relawan sudah siap karena sebelumnya sudah kita bekali dengan dasar-dasar penyelamatan, dan bagi relawan semangat saja dalam respon bencana tidak cukup. Bahkan bisa jadi niat kita membantu, justru kita yang dibantu”

Sehubungan dengan pelatihan tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal bagi para relawan dalam misi water rescue pada saat penanganan bencana, serta dapat berguna bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ua/syaifudin