JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada inovasi pelayanan publik yang layak mendapatkan acungan jempol yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Tulakan, Kecamatan Donorojo,Jepara dengan mengembangkan pelayanan digital.
Pelayanan berbasis digital yang diberi nama Dilan, (Digital Layanan Desa Tulakan) ini diluncurkan Kamis (31/3-2022) dibalai desa setempat ditandai pengguntingan pita oleh Camat Donorojo, Setyo Adhi Widodo, S.Ip
Peluncuran Dilan ini dihadiri oleh Camat Donorojo, Kapolsek Donorojo,Disdukcapil Jepara, Petinggi di Kecamatan Donorojo sarta Petinggi Tulakan serta perangat desa serta BPD setempat. Program pelayanan digital ini merupakan komitmen Petinggi Tulakan untuk memajukan desa melalui layanan digital, karena membantu masyarakat dalam pelayanan adalah prioritas
Petinggi Tulakan Budi Sutrisno saat peluncuran program Dilan mengungkapkan, jika dibandingkan dengan wilayah lain, Desa Tulaan selangkah lebih maju. Di era digital kami juga sudah menerapkan faceprint, lapak online desa, dan aduan masyarakat. “Oleh karena itu harapan kami semua fihak untuk ikut bekerja sama agar masyarakat kita terbantu dengan layanan ini,” ujar Budi Sutrisno, S.Pd.
Sementara Kepala Seksi Bidang Inovasi Disdukcapil Jepara Sholikah memberi support sepenuhnya untuk peluncuran aplikasi digital layanan. “Karena satu visi dengan visi Disdukcapi yaitu melayani warga agar warga mudah mengurus administrasi penduduk. Ini merupakan satu satunya desa yang mempunyai layanan seperti ini,” ujarnya.
Sedangkan Kepala Urusan Umum Pemdes Tulakan, Ardhi Yudha Saputra S.Kom menjelaskan, layanan ini di buat agar warga tidak perlu repot repot datang kekantor. Cukup ketikkan https://tulakan.id masukkan nik maka kebutuhan layanan akan terpenuhi.
Camat Donorojo Setyo Adhi Widodo, S.Ip dalam sambutannya berharap inovasi pelayanan digital dari desa Tulakan ini semoga t menjadi pioner pioner utama dan penggerak penggerak layanan digital Pemerintahan Desa di Kabupaten Jepara.
Hadepe – AYS