blank
Suasana malam hari di Masjid Agung Demak, banyak peziarah dan kaum Muslim yang beribadah dan bertafakur. Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Menyongsong datangnya Ramadan 1443 Hijriyah, takmir Masjid Agung Demak, telah menyiapkan berbagai kegiatan. Seperti diketahui, Masjid Agung peninggalan Walisongo ini sempat dua kali Ramadan tidak menyelenggarakan kegiatan yang bersifat umum, namun hanya terbatas pada pengurus dan takmir saja selama pandemi covid-19.

Menurut Ketua Umum Takmir Masjid Agung Demak, Abdullah Syifa, dengan meredanya kasus covid-19 dan longgarnya aturan dari pemerintah, pihaknya telah menyiapkan berbagai kegiatan keagamaan untuk umum, dalam mengisi ibadah di bulan suci hingga Idul Fitri nanti.

”Untuk menyongsong dan mengisi kegiatan keagamaan pada Ramadan tahun ini, kami sudah menyiapkan 16 kegiatan selama 30 hari, dari awal puasa hingga Idul Fitri nanti. Kita juga sudah susun dan tunjuk penanggung jawab atau pengampu kegiatannya,” kata Abdullah Syifa dalam keterangannya di Demak, Rabu (30/3/2022).

BACA JUGA: ‘Capacity Building’ Bangun Sinergitas Pengurus dan Staf KONI Jateng

Ditambahkan dia, kegiatan itu diawali dengan Megengan dalam menyambut Ramadan, Shalat Tarawih, Tarhim, Shalat Tasbih Siang, Shalat Tasbih Malam Likuran atau I’tikaf. Kemudian juga dilaksanakan Tadarus Alquran setelah Shalat Tarawih. Lalu ada pula pengajian kuliah subuh dilanjutkan pengajian pesantren Ramadan.

Kegiatan keagamaan lainnya, lanjut Abdullah Syifa, ada pengajian umum Nuzulul Quran, Zakat Fitrah, Takbir Mursal dan Shalat Idul Fitri hingga Halal Bil Halal.

”Sedangkan untuk buka puasa dan sahur, kita ada kegiatan penerimaan dan pembagian ta’jil dan sahur. Saat ini ada banyak dermawan yang bersedekah menitipkan ta’jil maupun santap sahur pada panitia atau petugas kami,” jelas Abdulkah Syifa.

Rudy-Riyan