blank
Ilustrasi Olahraga. Foto: Fixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan puasa, selain harus tetap mengkonsumsi makanan sehat juga dibutuhkan olahraga agar badan tetap bugar.

Meskipun demikian, tentu ada aturan olahraga seperti apa yang masih bisa ditoleransi saat puasa. Sehingga tidak terlalu banyak energi yang dikeluarkan. Tak kalah pentingnya adalah memilih jam berolahraga yang pas agar tidak sampai mengganggu puasa.

Dilansir dari Jabar.Poskota, berikut beberapa olahraga yang bisa dilakukan pada saat bulan puasa:

Baca Juga: Alhi Gigi: Agar Tidak Lewatkan Sahur Saat Berpuasa

1. Berjalan Kaki
Ini hal paling sederhana yang bisa dilakukan untuk olahraga di bulan puasa, yaitu jalan kaki. Kalian bisa berjalan 500-1000 langkah sambil ngabuburit cari makanan buat buka puasa.

2. Treadmill
Kalau mempunyai alat olahraga ini di rumah bisa kalian gunakan. Anda bisa melakukan low-intensity workout seperti berjalan kaki, sedikit lari pelan. Cocok untuk kalian yang tidak ingin keluar rumah.

3. Yoga
Yoga saat puasa adalah salah satu olahraga yang menyenangkan. Yoga dapat melatih ketenangan tubuh, pencernaan dan juga pernafasan.

Baca Juga: Susu Kurma Bisa Jadi Pilihan Menu Sehat Saat Berbuka

4. Bersepeda
Di era saat ini, bersepeda bisa menjadi salah satu olahraga yang bisa dilakukan, tidak perlu jarak yang jauh yang penting bergerak. Bisa dilakukan pagi-pagi atau sore hari agar cuaca tidak terik dan masih segar.

5. Plank
Plank bisa berfungsi mengencangkan otot perut, karena biasanya kita sering kalap pada saat buka puasa dan membuat perut lebih maju saat puasa. Olahraga ini cocok untuk meminimalisir buncit pada tubuh.

Demikian beberapa jenis olahraga intensitas rendah yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa. Jangan lupa konsumsi air mineral pada saat berbuka puasa ya untuk mengembalikan cairan tubuh selama berpuasa seharian.

Claudia