blank
Di hari terkahir Kerjurnas Kasad Cup Ke XIII Tahun 2022 di Cilodong, Depok, Jabar, pejudo Alifa Cahya dari Wonogiri berhasil membukukan tambahan satu medali perunggu untuk Kontingen Jateng.

DEPOK (SUARABARU.ID) – Pada hari terakhir pertandingan, atlet putri Alifa Cahya (21) dari Wonogiri meraih medali perunggu di event Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kasad Cup XIII Tahun 2022. Setelah sebelumnya, pejudo dari Dojo Gajah Mungkur Wonogiri ini, berhasil mengalahkan Astina (Sulsel).

Alifa, adalah kelahiran Wonogiri Tanggal 26 Desember 2001. Putri tunggal pelatih Judo Wonogiri Si Be Budiyono ini, sekarang berstatus sebagai Mahasiswi Fakultas Psikologi Smester 4 UGM Yogyakarta.

Pejudo putri bertinggi badan 158 CM dan berat badan 48 Kg ini, pada Tahun 2014 saat masih duduk di bangku SMP, pernah meraih juara pertama Kejuaraan Terbuka Judo di Bali.

Dengan tambahan medali dari Alifa ini, mampu mendongkrak Kontingen Jateng menduduki peringkat IV nasional di event bergengsi di Tanah Air yang diikuti 542 pejudo dari 27 Pengprov. Jateng membukukan perolehan 4 emas, 8 perak dan 7 perunggu.

Kejurnas digelar di GOR Kartika Divisi I Invantri Kostrad, Cilodong, Depok, Jabar. Melahirkan juara I Kontingen DKI Jakarta dengan perolehan 15 medali emas, 8 perak dan 6 perunggu.

Juara II Kontingen Jabar (11 emas, 12 perak, 10 perunggu), juara III Kontingen Bali (8 emas, 5 peak, 8 perunggu) dan juara IV Kontingen Jateng (4 emas, 8 perak, 7 perunggu).

Tiga Medali

Pelatih Judo Sutarto dan Si Be Budiyono, mengatakan, dari Wonogiri mengirimkan 4 atlet. ”Tiga dari empat atlet Wonogiri berhasil membukukan perolehan tiga medali,” jelas Si Be Budiyono.

Tiga atlet Wonogiri peraih medali di Kejurnas Judo Tahun 2022 tersebut, terdiri atas Annatasya Puspitasari (SMP Negeri 1 Wonogiri) meraih medali emas. Berikut Nesia Aza Pungkasari (SD Negeri 2 Giritirto Wonogiri) dan Alifa Cahya (Mahasiswi UGM) masing-masing meraih medali perunggu.

Pada Kejurnas Judo Kasad Cup XIII 2022 ini tampil sebagai Judoka Putra Senior Terbaik adalah Ihsan Apriyadi asal Pengprov Jawa Barat, sedangkan Judoka Putri Terbaik Kelas Senior diraih Syerina asal Pengprov Banten.

Kejurnas Judo Kasad Cup Ke XIII Tahun 2022, berlangsung dari tanggal 25 sampai dengan 27 Maret 2022, ditutup resmi oleh Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Bambang Pur