blank

SEMARANG – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unissula mengadakan pengabdian masyarakat (26/3/2022). Tim terdiri dari Dr Henny Pratiwi Adi ST MT, Prof Dr Ir S Imam Wahyudi, DEA dan Ari Sentani ST MSc. Mereka menyampaikan hasil penelitian, penyerahan produk masterplan, pompa air dan genset untuk membantu penanganan banjir rob di Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap.

Masterplan penanganan banjir rob tersebut merupakan salah satu produk riset selama 3 tahun (2019-2021), yang mendapatkan bantuan pendanaan riset dari Kemendikbudristek melalui skema Penelitian Terapan Kompetitif Nasional. Sedangkan untuk mengimplementasikan hasil riset tersebut, tim pelaksana kegiatan juga mendapatkan bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan adanya permasalahan di Desa Ujungmanik dan sekitarnya, yang mengalami banjir rob sehingga menyebabkan lahan pertanian menjadi kurang berfungsi akibat tergenang oleh banjir rob.

Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan, permasalahan banjir rob secara mikro dapat ditangani dengan pembuatan sitem polder dilengkapi bendung gerak dengan pintu air radial gate, dipadukan dengan pintu pipa sebagai teknologi tepat guna, serta pompa air multifungsi.

Bersamaan dengan acara penyerahan bantuan tersebut, dilakukan Focus Group Discussion (FGD) yang dihadiri oleh para stakeholder yang terlibat dalam penanganan banjir rob di wilayah tersebut, antara lain Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, Balai PSDA Serayu Citanduy, Dinas Pusdataru Prov. Jateng, Bappeda Kabupaten Cilacap, Dinas PUPR Kabupaten Cilacap, Camat Kawunganten, Kepala Desa Ujungmanik, Perangkat Desa dan Warga Ujungmanik, Ibu Dr Ir Mustangimah MSi dari Kemendibudristek serta Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat LPPM Unissula Ns Erna Melastuti SKep MKep.