blank
Pasar Induk Wonosobo yang sudah selesai dibangun diharapkan segera bisa ditempati pedagang. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna mewujudkan harapan masyarakat Wonosobo agar Pasar Induk segera berfungsi secara normal, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, berkomitmen penuh melakukan percepatan penataan pedagang Pasar Induk.

“Penataan pedagang Pasar Induk harus tuntas. Upaya yang dilakukan melalui konsolidasi dan komunikasi secara intens dengan Paguyuban Pasar Induk Wonosobo (PPIW),” ujar Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat.

Pihaknya akan melakukan percepatan penataan pedagang Pasar Induk hingga selesai. Harus ada keputusan yang terbaik. Pemkab berupaya melakukan konsolidasi melalui sarasehan secara berkelanjutan dengan para pedagang.

“Mengapa tujuannya untuk mensinkronkan data antara Pemkab Wonosobo dengan PPIW terhadap desain yang sudah disiapkan. Sehingga paska penataan dan penataan pedagang tidak menimbulkan masalah,” lanjutnya.

Sekda One Andang Wardoyo menyampaikan, guna mendukung percepatan pengelolaaan pasar rakyat milik Pemkab itu, pihaknya mendorong jajarannya untuk menyusun regulasi yang tepat, supaya semua tertata sesuai zonasi, dengan tidak mengubah struktur bangunan dan aset lainnya.

“Kami memikirkan secara matang terkait dengan penataan pedagang pasar induk yang meliputi pedagang, zonasi, parkir, terminal, dan lain-lain,” tegasnya.

Sesuai Target

blank
Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat. Foto : SB/dok

Maka, Pemkab Wonosobo, imbuh Andang, menawarkan rasionalisasi yang tidak mengubah struktur bangunan dan aset serta mempertimbangkan dampak dan resiko yang mengikuti.

Kapolres, Dandim 0707, serta Kajari Wonosobo juga berkomitmen mendukung penuh kebijakan pemerintah kabupaten tentang penataan pasar induk ini.

“Kami akan membantu meminimalisir terjadinya gangguan terhadap ketentraman dan ketertiban masyarakat agar proses penataan pasar induk tersebut dapat berjalan dengan baik,” paparnya.

Saat ini, kata Sekda, proses penataan pedagang Pasar Induk telah memasuki tahapan pendaftaran yang rencananya akan ditutup pada tanggal 20 Maret 2022 nanti.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menekankan agar pendaftaran bisa dimaksimalkan dalam lima hari ke depan. Semua pedagang yang ada dipastikan sudah mendaftar dan melengkapi ketentuan administratif yang sudah ditentukan.

“Sehingga target waktu konsep penataan pedagang Pasar Induk ini final di akhir Maret 2022, bisa diwujudkan. Pasar segera bisa ditempati pedagang. Dengan demikian perekonomian daerah akan semakin tumbuh lagi,” harapnya.

Muharno Zarka