blank
The Batman. Foto: dok/warner bros

FILM teranyar DC Films, The Batman, sukses debut dengan perolehan sebesar 128,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,8 triliun. Ini membuat The Batman menjadi film terlaris kedua setelah Spider-Man: No Way Home (260 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,7 triliun) pada Desember 2021 lalu.

Di box office internasional, film yang tayang perdana pada 2 Maret 2022 ini, memperoleh 120 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,7 triliun dari 74 pasar luar negeri, menjadikan penghitungan globalnya menjadi 248,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,5 triliun.

Angka ini terhitung fantastis, mengingat film dengan total biaya produksi 200 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,8 triliun ini digarap agak gelap, sehingga tidak bisa dinikmati anak-anak di bawah umur. Sebagai catatan, mayoritas penonton The Batman adalah laki-laki, dengan lebih dari 65 persen, dan 60 persen di antaranya berusia antara 18 dan 34 tahun.

Kesuksesan The Batman tak lepas dari ulasan-ulasan positif sejak awal penayangannya. Akting perdana Robert Pattinson sebagai Batman, mendapat sambutan hangat dari para fans fanatik Batman. Pun sutradara Matt Reeves, dianggap brilian lantaran sukses menampilkan Gotham laksana kota gelap nan murung.

Selain Robert Pattinson, film yang oleh para fans diharapkan ada sekuelnya ini juga menampilkan Paul Dano sebagai Riddler, Zoë Kravitz sebagai Catwoman, Andy Serkis sebagai kepala pelayan Batman Alfred Pennyworth, dan Colin Farrell sebagai penguasa kejahatan yang dikenal dengan nama Penguin.

Sofie