blank
Pelantikan pengurus PMI Kabupaten Wonosobo periode 2022-2027 di Pendopo Bupati setempat. Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Heru Kurniawan Nurdiansyah yang berlatar belakang aktivitis dan seorang penguasa dilantik sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonosobo periode 2022-2027.

Pada saat bersamaan, One Andang Wardoyo yang kini menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) itu juga dilantik sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI Wonosobo oleh Ketua PMI Jateng Sarwa Pramana di Pendopo Bupati setempat.

Sarwa Pramana menyampaikan agar kepengurusan PMI Wonosobo yang baru untuk mengedepankan urusan kemanusiaan, terkait bagaimana hidup bermanfaat untuk orang lain dan selalu ada untuk masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

Baca Juga: Hasil Reses DPRD Wonosobo : Eksekutif Diminta Prioritaskan Program Visi-Missi Bupati dan Wakil Bupati

“PMI harus siap bersinergi menjadi garda terdepan di bidang kemanusiaan yang berintegritas dan siap siaga 24 jam dalam melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan dan pertolongan,” ungkapnya.

Sementara itu, Heru Kurniawan N menyebut eksistensi PMI sangat membantu dan memberikan manfaat positif dari aksi sosial kemanusiaan yang telah dilakukan. Tidak hanya melayani donor darah saja, PMI juga turut membantu kebencanaan dan edukasi mengenai pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“PMI Wonosobo berkomitmen menjadi garda terdepan sebagai organisasi terbesar bidang kemanusiaan, berdasarkan tujuh prinsip palang merah dan bulan sabit merah internasional, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan,” tandasnya.

Baca Juga: Wartawan Suarabaru.id Raih Legislative Award Jurnalis Peduli Covid-19

Bupati Afif Nurhidayat, menegaskan kasus kebencanaan di daerahnya yang dapat terjadi sewaktu-waktu, hendaknya meningkatkan kewaspadaan semua pihak. Terlebih curah hujan yang cukup tinggi dan kondisi geografis pegunungan, meningkatkan potensi terjadinya bencana tanah longsor dan banjir.

Saling Sinergi

blank
Ketua PMI Kabupaten Wonosobo periode 2022-2027 Heru Kurniawan Nurdiansyah. Foto : SB/dok

“Pemkab Wonosobo mengajak seluruh pihak untuk saling bergandengan tangan. Termasuk PMI sebagai organisasi kemanusiaan yang memiliki banyak relawan untuk kerja keras mencegah dan menanggulangi pandemi global Covid-19 dan bencana lainnya,” kata dia.

Kepada segenap pengurus PMI Wonosobo, Afif juga menyampaikan untuk dapat menyusun program kerja yang dapat berjalan beriringan dengan program dan visi-missi Pemkab Wonosobo.

Baca Juga: Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo : Dunia Kini Tengah Hadapi 3 Disrupsi

“Bangun sinergitas dan harmonisasi yang serasi, antara pemerintah, organisasi dan seluruh masyarakat untuk mampu mewujudkan tujuan daerah secara optimal,” ujarnya.

Sehingga, sambung dia, keselarasan program kerja PMI dengan visi-missi daerah, diharapkan mampu menjadi daya dukung yang mampu mengakselerasi pembangunan daerah.

“Saya harap jajaran kepengurusan yang baru dapat semakin memajukan PMI Wonosobo dan meningkatkan performa yang selama ini sudah baik. Kembangkan inovasi dari sistem yang sudah ada,” pintanya.

Baca Juga:8 Rumah di Sambek Wonosobo Terancam Longsor, Ini Sebabnya

Juga, ditandaskan Afif, lakukan penyempurnaan jika diperlukan dan tetap mengabdi kepada masyarakat sesuai dengan azas kemanusiaan dan solidaritas sosial yang ada.

“Perkembangan pandemi global Covid-19 yang berubah-ubah dan kebencanaan yang dapat terjadi sewaktu-waktu, tidak mengendurkan semangat untuk berbakti bagi sesama,” pungkasnya.

Muharno Zarka